Seribu Manfaat Kolagen Untuk Wajah Agar Awet Muda

10 Oktober 2022 - Bella
Share

Sering kali terdapat dalam produk kecantikan. Sebenarnya apa sih kolagen itu? Kolagen adalah salah satu protein yang bermanfaat bagi kulit dan memperkuat tulang. Bagi wajah sendiri, zat ini dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan kencang sehingga wajah akan terlihat lebih muda. Umumnya kolagen diproduksi setiap hari oleh tubuh manusia. Namun, ketika tubuh sudah memasuki usia pertengahan umur 20 tahun. Produksi kolagen ini akan menurun hingga 30%. Oleh sebab itu, sering kita temui tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh kekurangan kolagen. Penasaran apa saja manfaat kolagen untuk wajah? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!
 

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan


Tak hanya berperan penting dalam membangun jaringan tubuh seperti kulit, tulang dan rambut saja. Kolagen juga berfungsi untuk menopang sistem pencernaan hingga mata. Mengingat manfaatnya yang begitu besar, kini banyak orang yang rutin mengkonsumsi kolagen dalam bentuk bubuk hingga kapsul sekali telan. Berbagai efek setelah mengkonsumsi kolagen secara rutin ini juga bisa membantu menjaga kecantikan kulit kamu lho. Terutama oleh wanita yang sudah berumur dewasa. 

 

Mengurangi Kerutan di Wajah


Kolagen merupakan komponen penting dalam lapisan dermis kulit. Bila kadar kolagen tak begitu tercukupi. Hal ini akan membuat munculnya kerutan pada lapisan terluar kulit sebab tak ada kolagen yang mengikat. Oleh sebab itu, pastikan kadar kolagen kulit kamu seimbang ya!


Dilansir dari berbagai sumber, untuk menjaga kulit tetap sehat dan kenyal bebas dari kerutan disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 3-10 gram kolagen setiap harinya selama 2 bulan. Niscaya kulit akan terasa lembab dan lebih kencang.

 

Meningkatkan Hidrasi Kulit


Bila kamu perhatikan, kulit yang sehat pasti memiliki ciri-ciri kulit yang lembab. Untuk meningkatkan hidrasi kulit, kamu bisa menggunakan kolagen yang terbukti dapat mengatasi kulit kering. Bagi sebagian orang, memiliki kulit yang kering mungkin bukanlah masalah yang begitu besar. Namun, bila hal ini terus kamu biarkan malah akan memunculkan masalah kulit baru. Seperti kemerahan, tekstur kulit kasar, rona wajah yang tidak merata serta penyakit eksim.

 

Mengurangi Selulit

 

Selulit adalah bekas luka yang berkembang karena kondisi kulit yang meregang dan menyusut dengan cepat. Bila disentuh, selulit akan terlihat bergelombang dan tidak rata. Selulit yang timbul pada bagian tubuh seperti paha, perut dan tangan bisa teratasi dengan kolagen. Mengkonsumsi kolagen dapat meningkatkan elastisitas pada kulit sehingga mencegah perkembangan selulit muncul pada kulit cantikmu. 

 

Membantu Merawat Bekas Luka


Hal yang tak kalah menakjubkan dari kolagen lainnya adalah zat ini mampu merawat bekas luka pada kulit. Sebab kolagen dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit baru dan memperbaiki skin barrier. Nah, bila kamu memiliki wajah dengan bekas luka jerawat. Kamu bisa mencoba mengkonsumsi kolagen secara rutin untuk merasakan manfaatnya.
 

Meningkatkan Elastisitas Kulit


Manfaat terakhir kolagen bagi wajah adalah mampu meningkatkan elastisitas kulit. Saat bertambahnya usia, elastisitas kulit akan semakin berkurang. Sehingga hal ini menyebabkan kerutan dan kulit mengendur. Cobalah menambahkan kolagen pada rutinitas skincare atau vitamin harian kamu. Semakin cepat kamu melakukannya, maka akan semakin baik. 

 

Nah, itulah beberapa manfaat kolagen untuk wajah yang bisa kamu rasakan. Untuk hasil yang lebih maksimal, konsumsilah kolagen secara rutin setiap hari dan juga disertai olahraga rutin. Selain itu,  perhatikan asupan makanan harian kamu juga ya. Makan makanan yang mengandung protein tinggi dan vitamin E juga dapat membantu pertumbuhan kolagen dari dalam. Semoga artikel di atas membantu!