Tahapan Mewarnai Rambut Setelah Proses Bleaching

23 September 2022 - Bella
Share

Source: Nyu

 

Tahukah kamu jika bleaching dan hair colouring adalah hal yang berbeda? Ya, jika kamu kerap melakukan perombakan warna rambut. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan dua istilah ini. Bleaching adalah proses di mana pigmen asli pada rambut kamu akan dilunturkan, sehingga tone rambut kamu akan berubah menjadi lebih muda. Seperti warna kuning keputihan. Dengan cara ini rambut kamu akan lebih mudah untuk diwarnai dengan berbagai warna-warna terang. Sedangkan proses hair colouring adalah proses pewarnaan pada rambut, baik pada rambut virgin yang belum sama sekali terkena hair colouring. Hingga pewarnaan pada rambut pasca bleaching. 

 

Jika kamu ingin mencoba sendiri proses pewarnaan rambut di rumah dengan warna dan cat rambut yang kamu inginkan. Ada beberapa hal yang kamu perhatikan lho. Seperti proses pengaplikasian produk hingga perawatannya. Artikel di bawah ini akan menjelaskan bagaimana proses pewarnaan rambut yang tepat hingga mencoba menjawab pertanyaan apakah setelah bleaching rambut keramas atau langsung diwarnai? Yuk simak!

 

Seperti apakah proses bleaching rambut

 

Bagi orang asia yang cenderung memiliki tone pigmen rambut yang lebih gelap. Akan terasa lebih susah jika merubah warna rambut menjadi lebih terang. Terlebih jika kamu ingin memiliki warna rambut terang seperti biru dan pink menyala. Untuk merubah warna asli kamu menjadi warna yang lebih terang sebelum penggunaan cat rambut. Sangat direkomendasikan bagi kamu untuk menggunakan bleaching rambut terlebih dahulu. 

 

Namun, hati-hati yang saat penggunaannya. Karena kandungan obat dalam produk bleaching rambut termasuk keras. Sehingga dalam penggunaannya dianjurkan jika kamu memakai pelindung plastik pada tangan dan tidak keramas terlebih dahulu selama satu hari sebelum pengerjaan. Gunanya agar minyak alami yang dihasilkan kulit kepala mampu menetralisir resiko iritasi yang mungkin terjadi.

 

Setelah kamu mengoleskan krim bleaching ke area yang kamu inginkan. Kamu bisa segera membungkus rambut kamu dengan menggunakan alumunium foil agar menjaga suhu panasnya. Suhu panas yang tetap konsisten ini akan membantu proses pelunturan pigmen rambut. Untuk hasil yang maksimal, pastikan kamu menunggu krim bleaching tersebut hingga meresap ke setiap batangnya.Cukup diamkan bleaching rambut selama 15-45 menit jika kamu ingin hasil yang lebih pucat. 

 

Setelah bleaching rambut keramas atau langsung diwarnai?

 

Begitu proses bleaching rambut kamu rasa sudah cukup, kamu tidak boleh hanya membilas rambut bekas bleaching tadi hanya dengan air mengalir saja. Karena kandungan korosif di dalamnya masih saja bisa tersisa pada rambut dan dapat menyebabkan kerusakan yang fatal. Untuk itu, segera lakukan keramas dengan shampoo dan conditioner agar mencegah rambut rusak. 

 

Lakukan perawatan ekstra pada rambut, mulai dari penggunaan vitamin, hair tonic hingga hair spray yang mengandung keratin dan argan oil.

 

Kapan boleh melakukan pewarnaan rambut setelah bleaching?

 

Rambut yang sudah terkena proses bleaching butuh waktu istirahat untuk mengembalikan kekuatannya pada akar dan batang rambut. Melakukan proses pewarnaan setelah bleaching dengan cat rambut langsung tidak dianjurkan terlebih jika kamu melakukan proses ini sendirian di rumah tanpa pengawasan orang profesional.  Rambut yang terkena proses kimiawi yang terlalu lama juga dapat menyebabkannya mudah patah dan rontok. Berikan jeda waktu 2-5 hari pada rambut setelah proses bleaching terjadi. Kemudikan lakukan proses pewarnaan dengan cat rambut yang kamu inginkan.

 

Itulah dia tahapan mewarnai rambut setelah proses bleaching yang bisa kamu coba di rumah sendiri. Bila kamu ingin mewarnai rambut sendiri usahakan selalu berhati-hati menggunakan bahan-bahan yang aman ya.