Basic Skincare Ini Bisa Bantu Perbaiki Skin Barrier Kamu

18 Desember 2022 - Bella
Share

Kulit memiliki kebutuhan yang berbeda pada setiap kondisi. Terkadang kulit akan membutuhkan hidrasi saat cuaca kering dan panas. Kadang kulit pun juga membutuhkan eksfoliasi untuk membantu mengangkat penumpukan sel kulit mati dan komedo. Namun dari itu semua, kamu perlu memahami jika pada tahapan awal kulit hanya membutuhkan basic skincare saja.

 

Pada dasarnya, basic skincare adalah produk yang diformulasikan agar cocok untuk semua jenis kulit. Tujuanya adalah untuk membangun rutinitas perawatan harian kamu.

 

Apa Itu Basic Skincare?

 

Basic skincare adalah tahapan paling mendasar dalam penggunaan skincare. Bagi pemula, sebelum kamu mencoba berbagai jenis produk skincare, sangat direkomendasikan untuk membangun skin barrier yang kuat agar kulit terhindar dari iritasi dan terlindungi. Basic skincare juga mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit dengan langkah yang lebih sederhana. Seperti mencegah adanya garis halus, kerutan wajah, bintik hitam dan iritasi kemerahan akibat kurangnya hidrasi. 
 

Dengan pemakaian basic skincare secara rutin, hal ini juga memberikan manfaat positif untuk skin barrier lho. Sebab kulit lebih ternutrisi dan terjaga kelembabannya.

 

Tahapan Basic Skincare

 

Jika kamu tertarik untuk mulai melakukan rutinitas dengan basic skincare. Hal ini sebenarnya cukup mudah, karena kamu hanya perlu melakukan empat langkah saja setiap harinya. Produknya pun juga sederhana yang menyesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu. Kira-kira apa saja tahapannya? Simak yuk!

 

1. Cleansing

 

Membersihkan wajah setelah beraktifitas seharian dari debu, kotoran dan make up yang menempel adalah hal paling penting yang harus kamu lakukan. Cobalah melakukan cleansing dengan dua cara. Pertama dengan menggunakan first cleanser seperti cleansing balm, cleansing oil atau micellar water untuk membersihkan make up, debu dan kotoran yang menempel. Kedua, baru kamu menggunakan facial foam agar membersihkan sisa-sisa kotoran yang tersisa di wajah.

 

Kamu boleh menggunakan produk cleansing apa saja, namun pilihlah produk yang tak membuat minyak alami pada kulit menghilang ya. Memilih produk dengan kandungan pH normal juga sangat dianjurkan.
 

2. Serum Wajah

 

Serum dengan partikel kecilnya mampu menembus ke lapisan terdalam kulit. Sehingga bahan aktifnya mampu bekerja dengan cepat untuk menutrisi dan memperbaiki semua permasalahan kulit yang kamu alami. 

 

Nah, untuk langkah satu ini sebaiknya, gunakan serum wajah dengan kandungan yang kamu butuhkan. Misalnya, memilih kandungan niacinamide untuk tipe kulit yang kering dan berjerawat. Sebaliknya, jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif pilihlah serum dengan fokus utama bahan aktif hyaluronic acid.

 

Gunakan produk serum ini pada pagi dan malam hari ya. Pada saat siang hari, kamu juga harus mengkombinasikan penggunaan serum wajah dengan sunscreen agar kulit lebih terproteksi. 

 

3. Moisturizing

 

Tahapan selanjutnya adalah mengaplikasikan pelembab yang tak boleh dilupakan baik kamu pemilik kulit kering atau kulit berminyak sekalipun. Gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit dan juga memberikan perlindungan bagi kulit dari radikal bebas. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan produk pelembab dengan kandungan hyaluronic acid dan ceramide yang terbukti mampu memberikan hidrasi lebih efektif. 

 

4. Protecting

 

Tahap terakhir adalah proteksi yang fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sinar matahari dapat membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan dini seperti kering, kusam dan keriput. Untuk itu gunakan selalu sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++ setiap harinya.

 

Itulah dia, ulasan lengkap tentang basic skincare dan juga urutan penggunaannya yang dianjurkan oleh ahli dermatologis. Semoga membantu kamu ya!