Rekomendasi Skincare Yang Cocok Untuk Kulit Sensitif Dan Kemerahan

03 September 2022 - Bella
Share

Memiliki kulit yang sensitif dan rentan kemerahan tentu menjadi salah satu halangan terbesar bagi kamu saat hendak memilih skincare kulit. Memilih skincare dengan kandungan gentle, hingga teknik pengapplyan produk pada wajah harus kamu perhatikan dengan betul. Kulit sensitif atau yang sering disebut dengan kulit rosacea memang sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan produk dan tools yang keras di kulit. Seperti contohnya menggunakan facial scrub dengan bulir kasar, peeling gel hingga produk exfoliasi mulai dari toner hingga serum wajah dengan kandungan AHA BHA tinggi. Lantas seperti apa sih skincare yang cocok untuk kulit sensitif itu? Yuk, simak artikelnya di bawah ini.


1. Bioderma Sensibio H2O

 

Source : Bioderma


Bagi kulit sensitif, tak hanya dalam memilih moisturizer saja yang perlu diperhatikan. Akan tetapi memilih skincare langkah awal seperti micellar water juga perlu berhati-hati. Hindari memilih produk micellar water yang terlalu banyak mengandung parfum dan paraben. Karena kedua kandungan inilah yang menjadi penyebab utama mengapa kulit wajah sensitif kamu semakin parah. Untuk itu, pilihlah produk micellar water yang aman dan dengan kandungan ringan seperti Bioderma Sensibio H2O. Selain tanpa parfum dan juga paraben. Bioderma Sensibio H2O juga bebas dari kandungan alkohol dan sudah hypoallergenic yang pastinya aman digunakan untuk pemakaian sehari-hari.


Untuk kemampuannya sendiri dalam mengangkat kotoran dan make up di wajah, Bioderma Sensibio H2O sudah tak perlu diragukan. Bioderma dapat secara efektif menghapus alas bedak, maskara hingga lipstik pada bibir secara sempurna tanpa meninggalkan kesan lengket di kulit. Maka dari itulah, tak ayal banyak influencer kecantikan yang merekomendasikan produk micellar water satu ini. 


2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

 

Source : Cetaphil.co.id 


Cleanser wajah umumnya digunakan dua kali sehari, tidak boleh terlalu sering karena dapat menyebabkan wajah kering dan malah mendorong produksi minyak berlebih pada kulit. Apalagi jika jenis cleanser yang kamu gunakan tidak bisa menjaga kelembaban kulit. Untuk kamu pemilik kulit sensitif, produk cleanser seperti cetaphil gentle skin cleanser ini sangat direkomendasikan. 


Formulanya yang ringan tanpa kandungan parfum dan alkohol sangat cocok untuk kulit sensitif yang gampang kemerahan. Saat pertama kali kamu mencoba cleanser cetaphil, sensasi menggunakannya mungkin sedikit berbeda dengan produk cleanser lainnya. Cetaphil gentle skin cleanser tidak menghasilkan busa saat digosokkan di wajah seperti cleanser foam lainnya, namun cleanser ini sangat efektif dalam menangani kadar sebum kulit yang berlebih. Selain itu, setelah penggunaannya kulit kamu akan terasa lebih lembab dan bersih tanpa ada rasa tertarik.


3. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

 

Source : Lyskin.com 


Pilihan produk cleanser lainnya yang juga aman bagi kulit sensitif adalah CeraVe Hydrating Facial Cleanser. Hampir semua lini produk dari brand Cerave aman bagi kulit sensitif bahkan bagi pengidap eczema sekalipun. Kelebihan produk yang direkomendasikan oleh berbagai dermatologist di seluruh dunia ini ada dari kandungan Hyaluronic Acid dan essential ceramide yang mampu menjaga kelembaban wajah.


CeraVe Hydrating Facial Cleanser juga mampu mengembalikan skin barrier kamu yang sudah rusak dan membantu membersihkan kulit wajah kamu dari sisa kotoran dan minyak.


4. La Roche-Posay Toleriane Double Repair Face Moisturizer

 

Source : Amazon


Kunci dari kulit sensitif kamu agar tak lagi kemerahan adalah dengan menjaga skin barrier agar tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan memilih face moisturizer yang mampu menenangkan kulit. Kandungan dari La Roche-Posay Toleriane Double Repair Face Moisturizer yang tanpa parfum dan mengandung Probiotik Thermal Water juga ceramide sangat cocok untuk kondisi kulit sensitif.


Moisturizer ini juga memiliki kandungan bahan aktif niacinamide yang mampu mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya jerawat. Tekstur dari moisturizer La Roche-Posay pun juga begitu ringan dan mudah menyerap di kulit. Sehingga kamu akan nyaman ketika memakainya. 


5. SkinCeuticals Redness Neutralizer



 

Source : www.skinceuticals.co.uk


Produk yang digadang-gadang mampu mengatasi flaky kemerahan pada kulit wajah satu ini juga bisa kamu coba. SkinCeuticals Redness Neutralizer dengan kandungan Palmitoyl Tripeptide-8 biomimetic peptide mampu membantu kulit menjadi lebih tenang sekaligus memberikan efek dingin pada wajah.  Produk skincare satu ini berbentuk lotion yang mudah menyerap di kulit dan bisa secara efektif menyamarkan tone kemerahan pada wajah, karena terkena sinar matahari atau polusi.


Untuk penggunaannya, akan lebih baik kamu gunakan setelah serum wajah dan sebelum sunscreen. Namun, kamu juga bisa untuk mere-apply kembali produk ini ketika kamu merasa wajah kamu sudah mulai timbul kemerahan lagi. Usahakan tetap memakai sunscreen kembali ya setelah penggunaannya!


Nah, itulah dia daftar skincare yang cocok untuk kulit wajah sensitif dan kemerahan. Meskipun penanganan kulit rosacea sedikit tricky, jangan menyerah ya untuk menemukan produk skincare yang tepat dan aman pada kulitmu. Semoga artikel di atas membantu!