Perbedaan Retinol Dan Niacinamide, Manakah Yang Cocok Untuk Kulitmu?

21 Desember 2022 - Bella
Share

Beragam produk skincare kini tengah muncul dengan menonjolkan bahan utama. Mulai dari AHA/BHA, Niacinamide, Retinol, Ceramide hingga Bakuchiol. Tentu berbagai kandungan tersebut memiliki fungsi yang berbeda untuk mengatasi problema kulit. Dari berbagai produk di atas, Niacinamide dan Retinol begitu populer di masyarakat saat ini. Dua bahan aktif ini diklaim mampu mengatasi flek hitam, jerawat hingga mencegah penuaan dini. Namun, sebelum kamu ingin mencobanya. Cobalah baca ulasan lengkap perbedaan retinol dan niacinamide satu ini agar kamu paham mana bahan aktif yang diperlukan oleh kulitmu.

 

Apa itu Retinol?

 

Retinol adalah salah satu turunan vitamin A yang memiliki manfaat dalam membantu mengatasi jerawat, menghilangkan kerutan serta flek hitam pada kulit. Untuk penggunaannya, retinol tidak direkomendasikan pada orang di bawah umur 16 tahun. Sebab bahan ini bersifat keras dan bisa menimbulkan beberapa efek samping. Seperti kulit kering, kemerahan, mengelupas dan iritasi. 

 

Maka dari itu, jika kamu baru pertama kali menggunakan retinol sangat disarankan untuk memilih produk retinol dengan kandungan rendah terlebih dahulu. Agar kulit bisa menyesuaikan dan meminimalisir timbulnya iritasi.

 

Apa itu Niacinamide?

 

Niacinamide merupakan zat turunan dari vitamin B3 yang bermanfaat dalam mengatasi kulit kering, memperbaiki sel kulit rusak serta melindungi kulit dari efek radikal bebas. Kelebihan lainnya dari Niacinamide adalah juga mampu menyamarkan noda dan bekas jerawat dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini.
 

Umumnya, niacinamide bersifat lebih lembut pada kulit dan tak menimbulkan reaksi berlebih. Jadi remaja mulai umur 13 tahun sudah boleh menggunakannya.

 

Bolehkan Retinol dan Niacinamide Dikombinasikan?

 

Penggunaan dari kedua bahan aktif favorit ini boleh dicampur penggunaanya, Sebab sifat retinol yang keras dan menyebabkan kering ini dapat dinetralisir oleh niacinamide. Niacinamide membantu memperbaiki skin barrier kulit dengan memberikan kelembaban sehingga kulit lebih terlindungi dari iritasi akibat pemakaian retinol.

 

Kombinasi campuran retinol dan niacinamide ini dapat membantu efektifitas produk juga lho. Jadi wajah lebih optimal merasakan manfaat seperti kulit yang lebih cerah, berkurangnya flek hitam, warna kulit yang lebih merata serta garis-garis halus berkurang.

 

Cara Memakai Retinol dan Niacinamide

 

Mengingat kedua bahan ini begitu serasi jika digunakan bersamaan. Kamu bisa memulai untuk mencoba memakai produk skincare ini segera. Namun, ada cara yang perlu diperhatikan ya. Kamu tak boleh mencampurkan sendiri retinol dan niacinamide kemudian mengaplikasikannya dalam satu waktu. Sebab hal ini malah akan mengurangi keefektifan produknya.Ikuti caranya berikut ini : 
 

1. Pilih produk skincare dengan kandungan retinol yang sesuai dan siapkan produk niacinamide

 

2. Bersihkan wajah dengan menggunakan toner, hindari menggunakan produk toner dengan bahan aktif AHA/BHA ya

 

3. Keringkan Toner yang ada di wajah kemudian teteskan serum retinol ke seluruh wajah

 

4. Bila serum sudah terserap sempurna, kamu bisa menggunakan produk niacinamide

 

Kunci dari penggunaan kombinasi retinol dan niacinamide terletak pada langkah-langkah yang kamu lakukan. Kamu bisa mengkombinasikan menggunakan niacinamide terlebih dahulu atau retinol terlebih dahulu. Namun, pastikan, semua bahan sudah terserap sempurna ke dalam kulit.

 

Itulah dia ulasan lengkap mengenai perbedaan retinol dan niacinamide. Sekadar tips, bila kamu ingin mendapatkan manfaat yang kurang lebih sama dengan retinol namun dengan sifat yang lebih gentle di kulit. Kamu bisa menggunakan bakuchiol sebagai alternatif ya. Semoga artikel di atas membantu!