Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

01 November 2022 - Bella
Share

Masalah jerawat yang muncul di area kulit wajah selalu menjadi problem utama. Pasalnya, tak jarang jerawat tak kunjung hilang berkat penanganan yang tidak tepat. Untuk itu, kamu perlu memahami bagaimana proses munculnya jerawat hingga penyebab-penyebab jerawat muncul. Sebab, ia tak hanya muncul karena skincare yang tak cocok saja lho. Melainkan faktor hormonal seperti pola makan, tidur dan gaya hidup juga mempengaruhi. Nah bagi kamu yang sedang bingung cara menghilangkan jerawat dengan aman dan ampuh. Simak yuk artikel tips dan cara menghilangkan jerawat  berikut ini!

 

Lidah Buaya

 

Tahukah kamu jika aneka tumbuhan yang berada di alam bisa kamu manfaatkan sebagai obat pembasmi jerawat? Salah satunya adalah lidah buaya yang kaya akan kandungan polifenol. Seperti yang kita tahu, gel lidah buaya bisa memberikan beberapa manfaat. Dari mengobati lecet, ruam hingga luka bakar pada kulit. Selain memberikan efek dingin, lidah buaya juga dapat melawan peradangan sekaligus memberikan kelembaban kulit lho.

 

Nah, untuk itu ia juga bisa membantu jerawat yang sedang meradang dengan memperbaiki skin barrier kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah. Kemudian diamkan lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

 

Air Lemon

 

Bahan alami satu ini, pasti kerap kali kamu temukan pada aneka produk skincare. Lemon yang kaya akan vitamin c dan juga asam askorbat mampu memberantas jerawat pada kulit. Ekstrak air lemon juga membantu membasmi bakteri penyebab jerawat dan juga membantu mencerahkannya. Namun, untuk penggunaannya kamu harus berhati-hati ya. Jangan gunakan perasan air lemon dengan waktu yang lama. Cukup oleskan pada area wajah selama 15 menit kemudian bilas.

 

Tomat

 

Tak hanya enak untuk dikonsumsi, buah tomat yang kaya akan kandungan vitamin A dan C bisa membantu jerawat sirna. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Ambil setengah potong tomat merah segar kemudian haluskan hingga menjadi bubur. Setelah itu oleskan pada area wajah selama setengah jam. Kamu pun juga mengkombinasikan tomat dengan perasan air lemon atau madu untuk menjaga kekentalannya.


Lakukan cara ini secara rutin agar jerawat segera pulih dan kulit terasa lebih cerah.

Teh Hijau

 

Kaya akan antioksidan tinggi, teh hijau mampu menjaga kulit dari efek buruk sinar UV serta radikal bebas. Kulit akan senantiasa terjaga kelembabannya dan produksi sebum lebih teratur. Teh hijau secara efektif dapat membersihkan kotoran dan minyak di wajah yang menyebabkan jerawat semakin meradang. 



Untuk penggunaanya, kamu hanya perlu merebus teh hijau murni dengan air secukupnya. Setelah itu, air rebusan bisa kamu jadikan toner wajah atau sebagai air cucian wajah.

 

Mentimun

 

Kesegaran mentimun mampu menenangkan jerawat agar tak meradang. Sifat anti inflamasi pada timun juga sangat bagus dalam membantu proses pemulihan kulit. Cara menggunakan mentimun ini bisa dengan cara memotongnya dari beberapa bagian lalu ditempel ke area wajah. Atau blender timun dan ambil sari-sarinya, kemudian oleskan pada area wajah untuk menjadi masker.

 

Bila kamu merasa masker timun ini terlalu cair, kamu bisa menambahkan madu dan juga gel lidah buaya hingga kekentalan yang kamu inginkan.

 

Nah, itulah dia berbagai cara alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa kamu coba. Selain mudah didapatkan, kamu pun bisa menggunakan semua bahan di atas dengan rasa aman ya. Semoga artikel cara menghilangkan jerawat di atas membantu!