Kenali Tanda-Tanda Iritasi Kulit Wajah Karena Skincare

16 September 2022 - Bella
Share

Proses menemukan skincare yang tepat dan memberikan efek pada kulit wajah kamu memang tidaklah mudah. Ada berbagai kandungan aktif dalam skincare yang harus kamu cermati. Apakah kandungan tersebut cocok pada kulit atau bahkan kandungan dalam produk skincare itu justru menimbulkan reaksi iritasi? Lalu bagaimanakah cara mengetahui bila kamu sedang mengalami iritasi kulit wajah karena skincare?

 

Ciri-Ciri produk skincare cocok dengan kulit kita

 

Pada dasarnya setiap produk skincare dapat memiliki manfaat yang berbeda-beda berkat kandungan aktif di dalamnya. Namun, bila kamu cocok dengan sebuah skincare. Biasanya kulit akan memberikan reaksi positif seperti :


1. Kulit terasa kenyal dan lembab



 

Source : Rimma.co


Efek kulit yang terasa kenyal dan lembab menandakan bila produk skincare yang kamu gunakan sudah bekerja dengan baik. Wajah akan terasa tampak lebih sehat dan plumpy ketika kamu sentuh berkat skin barrier yang terjaga. Saat kamu menggosokkan tangan ke area wajah, kamu juga akan menyadari jika permukaan kulit akan terasa lebih halus. Hal ini karena sel kulit mati yang menumpuk di lapisan terluar sudah tidak ada lagi.


Untuk melakukan pengecekan yang lebih akurat, kamu bisa mencoba menyentuh kulit kamu di saat pagi hari setelah bangun tidur. Nah, bila kamu merasa area wajah masih berminyak dan licin. Itu berarti skincare kamu masih belum tepat ya.


2. Wajah lebih cerah


Salah satu ciri kulit lebih sehat bisa kamu lihat dengan peningkatan tone warna yang lebih cerah. Warna area kulit wajah akan lebih rata dan kulit juga terbebas dari berbagai masalah acne. Seperti adanya komedo hitam dan putih, pori-pori besar hingga bruntusan pada area sekitar dahi dan pipi. 

 

Ciri-ciri produk tidak cocok dengan kulit
 

Alergi pada kandungan tertentu pada skincare sebenarnya merupakan hal yang wajar. Terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif. Saat pertama kali kamu menggunakan skincare yang tak tepat. Kulit kamu akan memberikan beberapa reaksi.


1. Kulit memerah



 

Source : Rukita


Munculnya ruam kemerahan pada kulit merupakan efek samping dari adanya bahan kimia seperti pengawet dan parfum. Iritasi kemerahan biasanya dapat langsung terlihat pada sekali pemakaian. Namun, bagi sebagian orang efek ini akan terlihat selama 3-7 kali pemakaian berulang.


Tak usah khawatir, kamu bisa menghindari munculnya efek ruam kemerahan ini dengan cara melakukan pengetesan terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan produk di area belakang daun telinga maupun punggung tangan.


2. Adanya Rasa Gatal


Munculnya rasa gatal sesaat setelah pemakaian tiba-tiba, merupakan pertanda ada suatu hal yang tidak wajar dalam skincare kamu. Meskipun efek ini cenderung berlangsung dalam waktu yang singkat. Pastikan kamu segera berhenti menggunakan produknya agar tak menimbulkan tingkat iritasi yang lebih parah. 


3. Kulit Mengelupas


Sensasi seperti terbakar dan juga lapisan epidermis kulit terluar yang mengelupas dapat menandakan kalau kulit kamu sedang iritasi. Kulit wajah yang tidak cukup vitamin dan kelembaban di dalamnya akan membuat kulit mengelupas.


Sehingga menimbulkan rasa perih dan nyeri ketika kamu menyentuhnya. Apabila hal ini tetap kamu biarkan dalam jangka waktu yang lama. Malah akan membuat penuaan dini pada kulit semakin cepat. Jadi segera ganti skincare kamu dan fokus gunakan produk dengan kandungan pelembab seperti hyaluronic acid ya.

 

Itulah dia ciri-ciri munculnya iritasi kulit wajah karena skincare. Pilihlah produk skincare aman dan tepat yang sudah mendapatkan izin dari BPOM. Jangan tertarik dengan produk skincare yang menawarkan efek cepat dalam jangka waktu yang singkat. Semoga artikel di atas membantu kamu ya!