Ragam Manfaat Sunscreen Untuk Wajah

09 Desember 2022 - Bella
Share

Begitu banyak ahli dermatologis dan dokter kulit merekomendasikan sunscreen agar dipakai setiap hari. Baik bagi wanita hingga pria, remaja hingga orang dewasa. Sunscreen tak hanya memberikan perlindungan terhadap sinar matahari yang akan membuat kulit kamu merasa terbakar hingga menggelap. Ternyata ada banyak lho ragam manfaat sunscreen untuk wajah.  Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak!

 

Mengurangi Munculnya Bintik Hitam

 

Memakai sunscreen ke wajah dapat mencegah timbulnya noda hitam pada wajah. Noda hitam ini muncul akibat sinar matahari yang mengenai wajah mendorong melanin berproduksi lebih banyak. Sehingga bintik-bintik hitam akan muncul sebagai reaksinya. 

 

Timbulnya bintik hitam di wajah ini juga menandakan jika kulit tak terlindungi dari efek radikal bebas dan terjadinya penuaan dini. Oleh sebab itu, gunakan sunscreen saat beraktifitas di dalam dan di luar ruangan secara rutin ya.

 

Mempertahankan Warna Kulit

 

Panasnya sinar matahari bisa membuat warna kulit tidak merata. Bahkan belang pada sebagian area. Sunscreen dapat membantu mempertahankan warna kulit tetap rata dengan perlindungannya terhadap sinar UVA/UVB. Selain itu, sunscreen membantu mencegah perubahan warna dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit cerah yang cenderung lebih rawan.
 

Mencegah Penuaan Dini

 

Sunscreen dapat membuat kulit tampak lebih muda. Ia dapat membantu kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan senantiasa awet muda. Pasalnya, penggunaan sunscreen akan memberikan perlindungan dan mencegah penuaan dini. Sehingga kulit tidak cepat keriput dan mengalami garis-garis halus. 

 

Mengurangi Peradangan dan Rasa Terbakar

 

Paparan sinar matahari dan sinar UV terkadang dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan peradangan seperti terasa terbakar. Untuk mengatasinya, kenakan sunscreen sebelum beraktifitas di luar ruangan. Jangan lupa reapply sunscreen selama 5 jam sekali untuk perlindungan yang optimal.

 

Mencegah Komedo Muncul

 

Siapa sangka jika sunscreen juga dapat mencegah komedo muncul? Hal ini karena paparan sinar matahari dapat membuat kulit wajah lebih sensitif dan rentan tumbuhnya jerawat. Dengan memakai sunscreen wajah akan terlindungi dan juga skin barrier lebih terjaga.

 

Mencegah Kanker Kulit

 

Terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn atau kemerahan, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. Bila DNA sudah mengalami kerusakan, hal ini akan berisiko menyebabkan kanker kulit. 

 

Untuk mencegah pengaruh buruk sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker. Cobalah menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari ya.
 

Mencegah Kulit Hitam

 

Dengan memakai sunscreen setiap hari dapat membuat kulit terhindar dari belang dan juga menghitam. Proteksi ganda pada sunscreen mampu mempertahankan warna kulit agar tetap cerah. Bandingkan hasilnya saat kulit menggunakan sunscreen dan tidak menggunakan sunscreen. Kulit tanpa sunscreen akan lebih cepat menggelap dan cenderung lebih mudah muncul bintik hitam.
 

Membantu Melembabkan Wajah

 

Bila kamu memilih sunscreen dengan kandungan pelembab. Hal ini akan membantu mengunci hidrasi pada kulit kering dan menjaga molekul air tetap terjaga meskipun terpapar panasnya sinar matahari. Sunscreen dengan pelembab juga sangat cocok untuk kulit berjenis kering yang cenderung lebih sensitif. Selain itu, ia pun juga bagus digunakan sebagai alas make up.

 

Itulah dia ragam manfaat sunscreen yang harus kamu ketahui. Jadi tidak ada alasan lagi kamu tidak memakai sunscreen sehari-hari ya!