Apa Itu Chemical Sunscreen Dan Rekomendasi Produknya

18 Januari 2023 - Bella
Share

Tak jarang diketahui, sunscreen ternyata banyak jenisnya lho. Nah, salah satunya adalah sunscreen berjenis chemical. Apa yang membedakan chemical sunscreen dari sunscreen jenis lainnya adalah cara kerjanya. Chemical sunscreen melindungi kulit dengan cara menyerap sinar UV kemudian melepaskannya. 

 

Pada umumnya, chemical sunscreen mengandung senyawa organik berbasis karbon berupa oxybenzone, homosalate dan avobenzone. Ketiga senyawa ini mampu menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas untuk dilepaskan ke luar tubuh. 

 

Untuk pembahasan lengkapnya, kita bahas ya di artikel di bawah ini!

 

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Chemical Sunscreen 

 

Kelebihan chemical sunscreen : 
 

- Tekstur lebih ringan sehingga mudah digunakan

 

- Tidak terasa berat dan tebal di kulit wajah

 

- Bisa dijadikan base make up

 

- Tidak ada white cast

 

- Cepat menyerap ke lapisan kulit

 

Kekurangan chemical sunscreen : 

 

- Lebih besar menimbulkan resiko iritasi

 

- Membutuhkan waktu sekitar 20-30 untuk bekerja

 

- Menimbulkan rasa pedih di mata

 

- Perlu re-apply selama beberapa jam

 

Rekomendasi Produk Chemical Sunscreen Terbaik 

 

Mencari produk chemical sunscreen yang pas buatmu? Berikut ini ada beberapa rekomendasi produknya yang bisa kamu coba. 

 

1. Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA ++++ Sunscreen

Source : Carasun
 

Salah satu sunscreen lokal dengan tekstur ternyaman adalah carasunsolar smart UV protector. Sunscreen ini memiliki proteksi SPF 45 PA++++ yang cukup kuat perlindungannya jika kamu gunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Kelebihan lainnya dari sunscreen ini juga non comedogenic jadi aman untuk kulit berjerawat dan berminyak . 

 

2. Erha21 Perfect Shield Helios

Source : Erha

 

Produk chemical sunscreen satu ini memadukan teknologi Pollustop yang diklaim dapat melindungi kulit dari polutan mikropartikel PM 2,5. Sangat cocok bagi kamu yang sering beraktifitas diluar ruangan. Selain itu, terdapat pula kombinasi Soybean Phyto Placenta Extract, Vitamin E, dan CoQ10 sebagai agen pelindung dari kerusakan DNA kulit. 

 

Tak hanya itu saja, terdapat juga agen pencerah dari kombinasi bahan brightening peptide dan water lily flower extract. Hasilnya, kulit menjadi lebih lembab, terlindungi dan juga lebih cerah

 

3. Nivea Sun Protect & White Instant Aura


Source : Nivea

 

Sunscreen Nivea satu ini sangat mudah ditemukan di minimarket atau toko terdekat. Selain itu, harganya pun juga relatif lebih terjangkau lho. Chemical sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket serta tak akan meninggalkan whitecast pada kulit. 
 

Ekstrak licorice di dalamnya membantu menenangkan kulit, sebagai agen antioksidan dan juga membantu menyamarkan bintik hitam. Untuk spfnya sendiri, sunscreen ini sudah memiliki SPF 50+ ya, jadi sangat cocok untuk aktifitas outdoor.

 

Emina Sun Battle SPF30 PA+++


Source : Emina

 

Emina sun battle dengan SPF 30 yang ringan ini cocok digunakan untuk kulit remaja. Sebab formulasinya aman dan minim iritasi. Ada kandungan ekstrak aloe vera yang membantu melembabkan kulit, serta dimethicone dan hydrolyzed wheat protein yang membantu menjaga elastisitas kulit serta nutrisinya. 

 

Tekturnya pun ringan dan mudah menyerap serta tak gampang luntur. Produk ini tak memberikan efek warna tambahan alias warnanya transparan. Jadi bisa digunakan oleh berbagai jenis warna kulit.

 

Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++


Source : Parasol Indonesia

 

Produk chemical sunscreen terakhir yang kami rekomendasikan adalah Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion. Kelebihan utamanya adalah water resistant yang menahan air. Sangat cocok untuk aktifitas berenang. Ada kandungan vitamin E dan lidah buaya di dalamnya yang membantu memberikan kelembaban pada kulit. 

 

Itulah dia berbagai produk chemical sunscreen terbaik serta apa saja kekurangan dan kelebihannya. Tertarik mencoba beralih ke chemical sunscreen sekarang?