Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Yang Harus Kamu Tahu

30 November 2022 - Bella
Share

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun sangat baik untuk kecantikan kulit lho. Minyak zaitun atau yang sering kita sebut dengan olive oil merupakan jenis minyak yang mengandung banyak nutrisi lengkap. Seperti vitamin E, lemak, polifenol, zat besi, vitamin K dan juga kalsium. Selain biasanya digunakan sebagai bahan memasak. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat lho. Ingin tahu apa saja manfaat baik dari minyak zaitun lainnya? Simak yuk artikel di bawah ini.

 

Mengecilkan Pori-Pori

 

Manfaat pertama dari minyak zaitun yang sangat cocok untuk problematika kulit wanita Indonesia adalah mampu mengecilkan pori-pori. Minyak zaitun dapat membuat tampilan pori-pori wajah lebih mengecil sebab sifatnya yang dapat membersihkan kotoran hingga ke pori.


Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada area wajah secukupnya. Kemudian pijat wajah dengan gerakan memutar hingga kotoran seperti komedo dan daki terangkat. Setelah itu, cuci muka dengan menggunakan sabun dan air hangat hingga bersih. 

 

Menghapus Make Up

 

Alternatif lainnya saat kamu tak memiliki pembersih wajah adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sanggup membersihkan make up tebal dan juga waterproof seperti maskara dengan lembut dan mudah. Sama seperti cleansing oil, penggunaan minyak zaitun cukup kamu oleskan saja pada area wajah. Pijat lembut dengan gerakan tangan memutar kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas wajah. Setelah selesai, bersihkan wajah dengan menyeka handuk hangat. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah. 

 

Menghilangkan Bekas Jerawat

 

Kandungan vitamin E sangat baik dalam peremajaan dan proses regenerasi kulit. Oleh sebab itu, minyak zaitun dapat membantu proses menghilangkan bekas jerawat hitam lebih cepat. Karena minyak zaitun dapat menutrisi sekaligus memperbaiki kulit yang telah terluka akibat jerawat. 

 

Untuk penggunaannya, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada titik-titik bekas jerawat secukupnya. Jangan mengoleskan seluruh muka dengan minyak zaitun ya.

 

Menghaluskan Wajah

 

Minyak zaitun juga kaya akan vitamin A, C dan E di dalamnya yang dapat menutrisi sekaligus melembabkan kulit kering. Ia pun juga dapat menghaluskan tekstur kulit wajah kasar tanpa menimbulkan resiko. Namun, agar hasilnya semakin maksimal. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan buah pepaya yang memiliki enzim papain yang kaya akan antioksidan. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, terhindar dari efek radikal bebas hingga lebih halus.

 

Menjaga Berat Badan

 

Bila kamu sedang berusaha diet, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari lho. Caranya bisa secara perlahan dengan mengganti minyak kelapa untuk penggunaan masak sehari-hari dengan minyak zaitun. Atau kamu juga bisa untuk mengkonsumsi minyak zaitun 1 sendok makan dua kali sehari setelah makan. 
 

Melembabkan Kulit Kering

 

Kulit kering biasa disebabkan oleh kurangnya hidrasi pada area kulit. Selain menghidrasi dari dalam dengan minum air putih yang cukup. Kamu juga bisa membantu melembabkan kulit dari luar dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kering.

 

Minyak zaitun dapat melembabkan kulit dengan mengunci hidrasi pada area lapisan terluar kulit. Selain itu, sifat anti radang, antioksidan dan antibakteri pada minyak zaitun menjadikannya sangat bagus dalam menjaga kesehatan kulit lho.

 

Nah, itulah dia berbagai manfaat minyak zaitun yang bisa kamu coba. Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu produk skincare wajah kamu?