Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel

15 Desember 2022 - Bella
Share

Bintik pada wajah atau yang sering kita sebut dengan flek hitam disebabkan karena produksi melanin yang begitu besar. Selain itu, faktor lain seperti sinar matahari serta dna juga menjadi penyebab utama lainnya. Meskipun tak mengganggu kesehatan secara langsung. Bila dibiarkan, flek hitam akan menjadi penyebab berkurangnya kepercayaan diri. Terutama saat kamu tampil bare face. 
 

Untuk itu, simak apa saja cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel berikut ini!

 

Biji Almond

 

Selain enak untuk dikonsumsi, siapa sangka jika almond dapat membantu mencerahkan kulit. Almond mengandung antioksidan, vitamin E dan lemak sehat. Sehingga dapat membantu kulit terbebas dari flek hitam membandel, bekas luka serta menjaganya agar tetap bersih dan mulus. Cara memakai almond untuk flek hitam cukup mudah yaitu : 

 

- Siapkan 8-10 biji almond dan rendam ke dalam susu semalaman

 

- Kupas kulit kacang almond

 

- Haluskan kacang hingga menjadi bubuk

 

- Campurkan kacang almond yang sudah halus dengan 1 sendok teh bubuk cendana dan setengah sendok teh madu

 

- Campur hingga kekentalannya seperti bubur

 

- Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 30 menit

 

- Bersihkan wajah dengan menggunakan air

 

- Ulangi menggunakan masker, seminggu 1-2 kali

 

Oatmeal

 

Oatmeal kaya akan saponin yang berfungsi membuang sel kulit mati sekaligus menjadi agen pencerah. Nah, berkat kandungan inilah oatmeal bisa membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Cara menghilangkan flek hitam dengan masker oatmeal sebagai berikut:

 

- Siapkan 2-3 sendok oatmeal

 

- Haluskan oatmeal dengan menggunakan blender

 

- Campurkan oatmeal dengan madu atau air

 

- Oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering

 

- Basuh wajah dengan menggunakan air

 

Kunyit

 

Ramuan kecantikan tradisional sudah akrab dengan kandungan kunyit di dalamnya. Hal ini tentu bukan tanpa sebab. Kunyit dapat memperbaiki warna kulit yang tak merata serta mampu mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas. Untuk membuatnya seperti berikut ini:
 

- Siapkan dua sendok kunyit bubuk

 

- Kemudian tambahkan perasan air jeruk atau air mawar

 

- Aduk hingga kental seperti pasta

 

- Oleskan kunyit pada wajah selama 15 menit agar tak meninggalkan bekas

 

- Basuh wajah dengan air

 

Lemon

 

Lemon yang kaya akan vitamin C juga sangat efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah. Tak perlu tambahan bahan lainnya, kamu bisa menyiapkan lemon dan mengirisnya menjadi beberapa bagian. Tempelkan irisan lemon pada wajah selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.
 

Kentang


 

Kentang mengandung zat-zat penting seperti potasium, vitamin B6, Fosfor, vitamin C dan seng. Kandungan inilah yang membantu mengatasi pigmentasi berlebih pada kulit dan menyamarkan noda hitam. Dijamin flek hitam membandel akan segera sirna.
 

- Siapkan satu buah kentang

 

- Iris kentang dengan tipis

 

- Letakkan kentang pada permukaan kulit 

 

- Diamkan selama 20 menit 

 

- Cuci bersih muka dengan air

 

Terapi Laser di Klinik Kecantikan

 

Bila bahan-bahan alami sudah kamu coba namun hasilnya tak kunjung terlihat. Akan lebih baik jika kamu langsung berkonsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapatkan terapi laser. Tindakan ini pada umumnya bekerja dengan cara memancarkan sinar gelombangpada wajah. Sehingga flek hitam berkurang dengan cepat. 

 

Chemical Peeling

 

Peeling dengan cairan kimia yaitu asam alfa hidroksi juga dapat membantu sel kulit hitam yang menumpuk pada kulit. Cairan itu kemudian mendorong regenerasi sel kulit baru yang lebih cerah. Sehingga flek hitam akan tergantikan. Namun, dalam pengerjaannya kamu harus datang ke dokter ya.

 

Itulah dia berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Butuh ketekunan dan juga effort yang lebih bila flek hitam kamu ingin segera hilang.