Kenali Apa Saja Penyebab Bruntusan Di Jidat

28 September 2022 - Bella
Share

Bruntusan pada area wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan. Berbeda dengan jerawat biasa, bruntusan biasanya berukuran kecil dengan jumlah yang banyak. Efek negatif yang ditimbulkan oleh bruntusan ini juga akan membuat make up kamu tampak kasar karena teksturnya memang tidak bisa disamarkan. Bila kamu sedang memiliki masalah yang serupa, berikut ini kami akan ulas secara lengkap apa penyebab bruntusan dan bagaimana cara mengatasinya. 
 

Apa itu Bruntusan?
 

Bruntusan adalah sebuah keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Ketika kamu sentuh, bruntusan akan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada permukaan kulit. Selain menyebabkan tekstur kulit menjadi tidak rata, bruntusan juga umumnya disertai dengan rasa gatal yang intens. Sehingga mengundang kamu untuk memegangnya. Namun, hati-hati ya pasalnya bila kulit kamu bruntusan tidak boleh kamu pegang terus menerus lho. Karena ini dapat memperparah kondisinya dan menyebabkan kulit disekitar area bruntusan menjadi purging.

 

Bruntusan Disebabkan oleh Apa?

 

Bruntusan bisa muncul di beberapa area wajah seperti dahi, hidung, dan dagu. Penyebabnya karena area ini seringkali terjadi penyumbatan pori-pori. Penjelasan singkatnya pori-pori tersumbat ini karena adanya komedo yang berasal dari minyak dan sel kulit mati wajah yang menumpuk. Akan tetapi komedo ini juga dapat disebabkan oleh  berbagai faktor lain seperti karena produksi keringat berlebih hingga tak cocok akan skincare dan obat tertentu yang sedang kamu konsumsi. 

 

Selain itu faktor risiko yang dapat membuat seseorang mengalami kulit bruntusan, seperti obesitas, gen dan perubahan hormon seperti pada masa pubertas atau kehamilan. Kebersihan kulit yang kurang terjaga juga menjadi aspek penting penyebab komedo penyebab bruntusan.

 

Cara Mengatasi Bruntusan 

 

Seperti yang sudah dijelaskan jika bruntusan memang sebagian besar disebabkan oleh faktor komedo. Oleh karena itu sebisa mungkin gunakan produk yang dapat mengontrol produksi sebum di wajah serta non comedogenic. 

 

Gunakan Kandungan Salicylic acid pada skincare 
 

Salicylic acid adalah bahan aktif yang cocok untuk mengecilkan pori-pori besar. Bahan aktif ini juga bisa mengangkat kotoran dalam pori sehingga mencegah timbulnya komedo penyebab bruntusan.

 

Benzoyl Peroxide dan Tea Tree Oil

 

Dua kombinasi bahan ini sangat ampuh membasmi jerawat hingga bruntusan yang meradang. Keduanya mampu mengatur produksi minyak, membasmi bakteri penyebab jerawat hingga memulihkan kondisi bruntusan dan jerawat yang sedang melanda. 

 

Exfloliasi
 

Kotoran di wajah berupa sel kulit mati setiap harinya harus kamu bersihkan. Bila kamu biarkan menumpuk, hal ini akan membuat adanya komedo makin merajalela. Salah satu cara agar sel kulit mati cepat sirna adalah dengan exfloliasi. Gunakan serangkaian produk skincare yang mengandung AHA yang bisa membantu meredakan bruntusan dan peradangan. AHA juga membantu regenerasi sel kulit sehingga kulit tampak lebih muda. 

 

Sebaiknya saat melakukan exfoliasi, gunakan saja produk exfoliasi yang lembut dan aman. Hindari menggunakan scrub kasar untuk exfloliasi ya. Karena kulit bruntusan yang sensitif malah akan iritasi. 

 

Hindari Skincare dengan Kandungan Alkohol

 

Saat bruntusan kamu perlu untuk tetap menjaga skin barrier terjaga kelembabannya. Karena hal ini akan mendorong berkurangnya produksi minyak. Memakai skincare mengandung alkohol malah akan membuat kulit menjadi kering dan tambah bruntusan.

 

Nah, itulah dia berbagai penyebab bruntusan di jidat dan bagaimana cara mengatasinya. Agar usaha kamu menumpas bruntusan lebih maksimal. Coba perhatikan pola makan yang kamu konsumsi ya.