Manfaat Alpha Arbutin Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah

29 Oktober 2022 - Bella
Share

Kalau kamu perhatikan, saat ini banyak produk skincare lokal maupun brand luar yang menggunakan alpha arbutin sebagai kandungan utamanya. Sebenarnya apa sih alpha arbutin itu? Alpha arbutin adalah sebuah kandungan yang mampu mencerahkan kulit dengan efek iritasi yang lebih kecil. Bila dibandingkan dengan bahan aktif lainnya, memang alpha arbutin ini tergolong lebih aman untuk semua jenis kulit. Terutama bagi pemilik kulit sensitif yang tak kunjung menemukan produk pencerah wajah yang sesuai. Penasaran apa saja manfaat alpha arbutin ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.

 

Apa Itu Alpha Arbutin?

 

Alpha arbutin atau yang dikenal dengan nama ilmiah α-arbutin merupakan zat turunan yang berasal dari hydroquinone. Arbutin terbagi menjadi dua yaitu alpha arbutin dan beta arbutin. Keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Namun yang membedakan adalah alpha arbutin merupakan bentuk sintetis atau kimia, sedangkan beta arbutin adalah bentuk tanamannya.

 

Untuk keefektifannya, alpha arbutin jauh lebih unggul karena 10 kali lipat lebih kuat jika dibanding dengan beta arbutin. Alpha arbutin alami bisa kamu temukan dalam berbagai jenis tanaman dan buah-buahan seperti blueberry, cranberry, pir, serta tanaman gandum.


 

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

 

Berbagai manfaat alpha arbutin memang sudah diketahui sejak dulu. Seperti salah satunya yaitu dapat membantu mencerahkan kulit hingga membantu menyamarkan noda bekas luka. Berikut ini adalah ulasan lengkap dari manfaat alpha arbutin itu sendiri.

 

Mencerahkan Kulit

 

Alpha arbutin dapat membuat wajah kamu lebih cerah dengan cara memperlambat produksi tirosinase. Nah, teronase itu sendiri merupakan enzim yang terdapat dalam melanosit. Dimana melanosit merupakan sel-sel yang memproduksi melanin. Sebuah pigmen yang berperan untuk membuat kulit menjadi lebih gelap. Jadi bila melanin pada kulit lebih sedikit. Tentu kulit wajah akan tampak lebih cerah. 

 

Selain itu, alpha arbutin juga mampu mengobati melasma lho. Ciri-ciri melasma itu sendiri adalah perubahan warna kulit yang menjadi gelap atau kecoklatan.
 

Membantu Mengurangi Bintik Hitam

 

Bintik hitam di wajah yang disebabkan oleh hiperpigmentasi karena produksi melanin berlebih bisa kamu hindari dengan alpha arbutin. Berdasarkan penelitian, menggunakan alpha arbutin selama 12 minggu mampu membuatnya tampak memudar. Selain itu, kulit pun juga akan terlihat lebih cerah merata.
 

Memudarkan Bekas Jerawat

 

Sesaat setelah jerawat mengempis, terkadang ia akan meninggalkan bekas  kecoklatan atau bahkan berwarna hitam. Memang pada dasarnya hal ini wajar ditemukan. Namun, bila dibiarkan malah akan menunggu penampilan kamu. Untuk itu, gunakan alpha arbutin yang mampu menghambat produksi melanin. 

 

Penggunaan alpha arbutin pun juga bisa kamu kombinasikan dengan bahan lainnya seperti niacinamide dan kojic acid. Agar bekas jerawat lebih cepat sirna. Selain itu, agar produksi malnin lebih lambat lagi. Kamu harus menggunakan sunscreen dan rutin me-reappy dalam beberapa jam ya. 
 

Terasa Aman di Wajah

 

Berbeda dengan hydroquinone yang mematikan sel melanin di kulit. Alpha arbutin dinilai lebih aman karena hanya menghambat aktivitas kerja dari melanin. Pada sebagian kasus, pemakaian hydroquinone pun menyebabkan reaksi alergi dan iritasi. Seperti munculnya sel pembuluh darah hingga rona wajah yang cepat merah saat terkena sinar matahari. 


Untuk itu, sebaiknya kamu memilih alpha arbutin saja daripada hydroquinone. Mengingat ia juga aman untuk kulit sensitif.

 

Nah, itulah dia bagaimana manfaat dari alpha arbutin untuk wajah. Kira-kira apakah kamu tertarik mencobanya?