Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare

15 Oktober 2022 - Bella
Share

Kerap kali kita temukan bruntus merah di wajah akibat efek tidak cocoknya dari skincare yang kita gunakan. Bruntus merah ini juga dikenal dengan purging. Purging atau bruntus merah ini sebenarnya tidaklah berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, hal ini dapat membuat penampilan make up kamu terlihat kasar. Penyebab dari bruntusan ini pun bermacam-macam. Mulai dari faktor hormon, banyaknya keringat berlebih, rambut yang kotor, iritasi hingga tak cocok dengan produk perawatan kulit yang sedang kamu gunakan. Lantas bagaimana cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare ini? Berikut kamu tulis ulasan lengkapnya untuk kamu!
 

Perbedaan Bruntusan dan Jerawat

 

Bila kamu perhatikan kedua permasalahan kulit ini sebenarnya disebabkan oleh dua hal yang berbeda lho. Bruntusan terjadi karena penyumbatan pada area pori-pori wajah karena penumpukan minyak dan sel kulit mati. Sedagkan jerawat terbentuk karena penyumbatan pori-pori, perubahan hormon hingga timbul karena reaksi alergi. 

 

Bruntusan juga hanya akan muncul pada area wajah yang sudah pernah berjerawat dan biasanya dpaat hilang lebih cepat. Sedangkan jerawat kebalikannya, jerawat bisa muncul pada spot spot baru di kulit dan untuk menghilangkannya membutuhkan waktu yang lumayan lama.
 

Cara Mengatasi Bruntusan Akibat Skincare
 

Rutin Menggunakan Produk


Saat kulit sedang bruntusan sebaiknya hindari untuk mencoba produk baru setiap minggunya. Sebab ini akan memperparah kondisi kulitmu yang sedang tak stabil. Reaksi tak cocok pada skincare memang kerap kali terjadi namun sebenarnya ini adalah masa-masa adaptasi kulit terhadap skincare yang baru kamu coba. Bila masa adaptasi ini sudah selesai, kulit akan memperlihatkan kondisi terbaiknya. 

 

Oleh karena itu, tak jarang beberapa skincare expert malah menganjurkan untuk tetap memakai skincare dalam waktu enam sampai delapan minggu. Hal ini untuk melihat reaksi dari kulit tersebut. Bila dalam jangka waktu itu kulit tak kunjung mengalami perubahan. Kamu bisa berganti ke produk skincare lainnya.

 

Menggunakan Skincare Sesuai Anjuran


Salah menggunakan skincare terlalu sering atau salah waktu juga dapat membuat reaksi bruntusan kemerahan terjadi. Untuk itu, coba gunakan rangkaian produk perawatan skincare kamu sesuai dengan panduan. Seperti contohnya menggunakan produk exfoliasi seperti toner, serum dan pelembab pada malam hari saja. Serta menggunakan produk dengan kandungan bahan aktif retinoid 2 hari sekali saja. 
 

Mencuci Wajah 

 

Menghilangkan minyak dan kotoran di wajah cukup dilakukan dua kali sehari saja. Mencuci muka terlalu sering malah akan membuat kulit mudah kering dan iritasi. Kemudian hal ini malah akan memancing kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak. Jerawat dan bruntusan baru akan muncul dan semakin tak terkendali.


Pilihlah produk pencuci muka dengan kandungan mild dan ringan ya. Serta lakukan cuci muka pada pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.
 

Menghindari Produk Skincare dan Makeup Comedogenic


Aneka produk skincare yang memperparah komedo terjadi sebaiknya juga kamu hindari. Pilihlah produk skincare yang aman dengan label non-comedogenic yang tak akan membuat pori wajah tersumbat. Sebab semakin ringan bahan atau kandungan dalam skincare tersebut maka akan membantu kulit semakin cepat pulih dari bruntusan. 



Selain itu, hindari menggunakan make up setiap hari agar kulit bisa beristirahat. Namun, bila tetap memerlukan menggunakan skincare. Ada baiknya kamu melakukan double cleansing ya.

 

Itulah dia berbagai cara mengatasi bruntusan skincare yang bisa kamu coba. Selain memerlukan waktu untuk penyembuhannya. Kamu juga harus konsisten merawat dan membersihkan wajah setiap hari.



Semoga artikel di atas membantu!