Ciri Ciri Purging Dan Kapan Akan Berakhir

29 Oktober 2022 - Bella
Share

Senang mencoba skincare baru? Namun kondisi kulit wajah tiba-tiba memburuk? Mungkin kamu sedang mengalami purging, sebuah fase dimana kulit sedang mengalami proses penyesuaian terhadap produk skincare yang kamu gunakan. Purging juga bisa ditandai dengan timbulnya jerawat pada kulit. Akan tetapi jerawat pada kulit yang sedang purging dan tidak memiliki perbedaan.


Jangan sampai salah mengira, berikut ini adalah ciri-ciri purging dan kapan waktu berakhirnya.
 

Apa itu Purging?

 

Purging adalah proses di mana kulit mengalami penyesuaian dengan skincare atau bahan aktif tertentu. Pada fase ini, sel kulit mati akan melakukan pergantian ke sel kulit baru yang lebih sehat. Saat purging terjadi, kondisi kulit bisa terasa tampak lebih buruk dibanding dengan waktu biasanya. Kulit akan terlihat lebih kering dan produksi minyak di wajah pun juga lebih banyak.

 

Bahan aktif penyebab purging biasanya adalah bahan exfoliator seperti salicylic acid , retinoid, AHA, BHA hingga produk scrub wajah. Sebab kandungan ini lebih keras di kulit. Namun, jangan khawatir, Purging sebenarnya normal dialami dan bila kamu sabar menghadapinya malah akan membuahkan hasil berupa kulit yang lebih halus dan cerah. 

 

Ciri-Ciri Purging di Wajah

 

1. Kulit Mengelupas

 

Tanda kulit purging pertama adalah kulit kamu mulai mengelupas. Kamu akan memperhatikan jika kulit akan terkelupas tipis. Hal ini karena proses pergantian sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. Lapisan epidermis kulit yang mengelupas ini merupakan pertanda baik. Bahwa produk yang kamu gunakan sedang memberikan reaksi atau menunjukkan hasil kerjanya.

 

2. Muncul Kemerahan

 

Kulit yang kemerahan saat memakai skincare juga merupakan salah satu ciri-ciri purging. Tak perlu panik, karena kondisi ini merupakan proses pembersihan sel kulit ya. Meskipun begitu, sebaiknya kamu tetap membuat wajah steril dari kuman dan bakteri dengan cara tak menyentuhnya terlalu sering.

 

3. Muncul Jerawat

 

Proses generasi sel kulit mati dengan cepat ini pun juga membuat permasalah jerawat muncul. Hal ini karena kulit wajah yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak serta kotoran pun mulai terjadi di beberapa area wajah. Oleh sebab itu, jika kamu mulai merasakan jerawat tumbuh di area yang sama silih berganti. Jangan khawatir ya, karena hal ini masih tergolong normal. 

 

4. Kulit Terasa Gatal

 

Rasa gatal juga terkadang tak terelakkan kamu rasakan. Rasa gatal ini juga merupakan reaksi terhadap adanya sisa-sisa racun yang menempel pada kulit wajah. Alih-alih menggaruknya dan membuat bekas baru. Sebaiknya kamu hindari menggaruk wajah dengan tangan saat kulit terasa gatal ya.

 

5. Muncul Komedo Putih

 

Tanda kulit yang sedang mengalami purging selanjutnya adalah dengan munculnya komedo berwarna putih. Sebab kelenjar sebaceous terlalu banyak memproduksi sebum. Sebum atau minyak ini kemudian bercampur dengan sel kulit mati yang mengelupas saat purging. Sehingga munculnya komedo putih pun akibat kedua zat ini semakin banyak.

 

Berapa Lama Proses Purging Terjadi?

 

Dilansir dari berbagai sumber, purging biasanya akan berakhir dalam kurun waktu 4 hingga 6 minggu. Namun, hal ini bisa berakhir lebih cepat maupun lebih lambat tergantung pada kondisi kulit yang kamu alami ya.

 

Nah, itulah berbagai ciri-ciri purging yang harus kamu ketahui agar tak salah penanganan. Biasanya ciri-ciri purging yang sudah akan berakhir adalah menghilangnya jerawat, kemerahan dan rasa gatal yang terjadi saat kamu menggunakan skincare. Semoga artikel di atas membantu ya!