Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

03 November 2022 - Bella
Share

Kemunculan komedo bisa ditandai dengan adanya bintik-bintik hitam dan putih yang muncul pada area sekitar hidung, pipi dan dagu. Komedo muncul karena penumpukan sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebih pada kulit. Kotoran dan minyak tersebut akan menyumbat pori dan menumpuk. Hingga akhirnya akan membuat pori-pori semakin membesar dan menghitam (blackhead) maupun terbentuk menjadi sumbatan tertutup berwarna putih (whitehead). 

 

Komedo sebenarnya wajar muncul pada area kulit, namun bila dibiarkan bisa menyebabkan bruntusan hingga jerawat meradang. Untuk menghilangkannya sendiri, biasanya dapat diatasi dengan ekstraksi komedo dengan bantuan pinset. Namun, kamu juga bisa lho menghilangkan komedo dengan berbagai bahan alami yang minim akan efek samping seperti dibawah ini.

 

Lemon dan Madu

 

Kombinasi kedua bahan alami ini bisa membantu komedo sirna. Caranya dengan memeras satu buah lemon kemudian tambahkan dengan satu sendok makan madu dan gula. Aduk semua bahan tersebut hingga merata. Kemudian oleskan pada area kulit wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian pijat dengan gerakan memutar selama 2 menit. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

 

Cara ini berguna untuk membantu eksfoliasi alami pada pori-pori sekaligus membasmi pertumbuhan bakteri dan sebum penyebab komedo.

 

Putih Telur

 

Pada jaman dulu kala, memang putih telur dimanfaatkan sebagai bahan untuk perekat bangunan berkat daya rekatnya yang luar biasa. Nah, dari kelebihannya itulah kamu bisa menggunakan putih telur sebagai masker pengangkat komedo. Caranya dengan menyiapkan putih telur sebanyak 1 sendok makan kemudian tambahkan perasan setengah sendok teh lemon. Aduh kedua bahan tersebut hingga tercampur dengan merata. 



Bila sudah, oleskan campuran ini pada area wajah yang terdapat komedo. Tunggu hingga cairan mengering di kulit setelah itu angkat dan bilas dengan menggunakan air. Selain, putih telur dapat mencabut komedo di wajah. Putih telur juga dipercaya mampu mencerahkan wajah hingga mengencangkan kulit lho!

 

Scrub Bubuk Kopi

 

Alternatif bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai pemberantas komedo adalah bubuk kopi. Kopi memiliki butiran kasar yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Selain itu, kopi juga kaya akan antioksidan tinggi yang membantu merawat kesehatan kulit. Cara menggunakan scrub kopi ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan dua bahan utama yaitu bubuk kopi halus tanpa gula dan juga minyak kelapa. 

 

Campurkan 2 sendok bubuk kopi dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Aduk hingga kekentalannya seperti bubur. Kemudian balurkan pada area wajah. Pijat dengan gerakan memutar dan perlahan. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin. Dengan cara ini kulit akan terasa lebih halus, cerah dan komedo juga ikut terangkat.
 

Soda Kue

 

Cara satu ini sempat populer pada tahun 2015 berkat berbagai beauty influencer yang mencobanya. Soda kue merupakan bahan eksfoliasi natural yang dapat membersihkan komedo. Kamu bisa mencampurkan soda kue dengan air hingga mengental seperti pasta. Kemudian mengoleskannya pada area komedo. Tunggu hingga sedikit mengering kemudian bilas dengan menggunakan air. Agar kulit terasa bersih dari komedo, sebaiknya rutin dilakukan seminggu dua kali.
 

Penguapan Air Hangat

 

Uap panas dapat membantu komedo semakin melunak hingga akhirnya mudah untuk diekstraksi. Cara ini sebenarnya cara sederhana yang bisa kamu lakukan kapan saja. Bahkan sembari bersantai. Teknik penguapan ini akan membantu pori-pori wajah terbuka sehingga kamu akan lebih mudah merontokkannya dengan cara menggesek-gesekan saja.

 

Ambil mangkok dan isi dengan air hangat. Kemudian arahkan uap ke area wajah selama 5 menit. Bila sudah, kamu bisa scrub area hidung dengan menggunakan tangan maupun bahan eksfoliator lainnya.

 

Itulah dia berbagai cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga membantu !