Bolehkah Retinol Dan Vitamin C Dipakai bersamaan?

23 Desember 2022 - Bella
Share

Hati-hati dalam memilih produk skincare untuk wajah. Sebab tak semua produk skincare dengan kandungan bahan aktif boleh digunakan secara bersamaan. Sifat bahan aktif terkadang bertolak belakang antara satu sama lain. Bila kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan kulit seperti iritasi, kemerahan, panas hingga wajah kering. 

 

Memang benar, jika menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif ini dinilai lebih efektif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kulit wajah. Namun, bila kamu salah dalam pemakaiannya. Hal ini bisa memberikan efek yang sebaliknya. Untuk itu, coba kamu pahami terlebih dahulu bahan aktif yang kamu gunakan. Salah satunya adalah bahan aktif berupa retinol dan vitamin C yang belakangan ini kerap muncul di berbagai social media. 

 

Apa itu Retinol?

 

Retinol sendiri adalah bahan turunan  dari vitamin A yang sangat baik dalam mencegah penuaan dini pada kulit. Bahan aktif retinol dapat membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas, memperbaiki sel kulit, membantu produksi kolagen, mengurangi keriput, garis halus serta tampilan pada pori-pori wajah. Tak hanya itu saja, retinol bahkan juga sangat baik dalam mengatasi hiperpigmentasi pada kulit akibat terkena paparan sinar matahari. Selain itu, ia juga membantu merawat jerawat, memperhalus tekstur kulit dan meratakan warna kulit. 

 

Penggunaan retinol, tidak boleh digunakan pada siang hari sebab sifatnya yang sangat sensitif terhadap cahaya matahari. Sebaiknya, gunakanlah retinol saat malam hari saja. Kombinasikan penggunaan retinol dengan produk yang mengandung hidrasi. Karena retinol bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan memberikan rasa panas dan gatal pada sebagian orang.

 

Apa itu Vitamin C?
 

Vitamin C merupakan kandungan yang tak hanya baik untuk tubuh, melainkan juga untuk kulit wajah. Kandungan ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas berkat antioksidan yang kuat. Tak hanya itu saja, vitamin C juga sangat baik dalam mencerahkan kulit wajah lho. Bahkan ia juga sanggup membuat bintik hitam dalam wajah berkurang dengan cepat. 

 

Berbeda dengan retinol, vitamin c aman digunakan pada siang dan malam hari. Kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan aneka produk sunscreen untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar matahari.

 

Apakah Retinol dan Vitamin C boleh dicampur?
 

Meskipun  keduanya sangat baik dalam mencegah penuaan dini dan juga membantu produksi kolagen. Namun, retinol dan vitamin c tidak boleh digunakan secara bersamaan dalam satu kali waktu. Dilansir dari berbagai sumber oleh dokter spesialis kulit, kamu boleh menggunakan kedua bahan ini dengan cara terpisah. Seperti menggunakan vitamin C pada siang hari dan retinol pada malam hari. Agar menghindari efek iritasi pada kulit.

 

Bagi kamu seorang pemula, sangat disarankan agar memilih retinol dengan komposisi rendah. Misalkan mencoba produk retinol berbasis toner dahulu daripada langsung menggunakan produk serum retinol dengan konsentrasi tinggi. Sedangkan bagi kamu pemilik wajah berjerawat dan sensitif. Dokter juga menyarankan agar memilih menggunakan vitamin C dengan persentase rendah. Sekitar 5 hingga 10 persen agar kulit mudah beradaptasi. Memilih skincare dengan kandungan vitamin C tinggi akan menyebabkan kulit kamu lebih rentan terkena breakout dan jerawat. Jadi bijaklah dalam memilih ya.

 

Itulah dia bagaimana jawaban untuk amankah retinol dan vitamin c dipakai secara bersamaan. Selain mengerti bagaimana cara penggunaan dua bahan aktif ini. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen pada pagi dan siang hari secara rajin ya. Semoga artikel di atas membantu!