Tips Agar Purging Cepat Selesai

07 Oktober 2022 - Bella
Share

Purging adalah kondisi dimana kulit mengalami pembersihan yang disebabkan regenerasi kulit atau pergantian sel kulit. Purging juga kerap kali muncul akibat penggunaan skincare yang mengandung bahan aktif seperti AHA, BHA, dan retinoid yang kerap kali menyebabkan reaksi iritasi pada kulit. Menurut berbagai sumber, sebenarnya purging ini merupakan kondisi normal yang dialami oleh pemilik wajah berminyak dan normal saat tak cocok dengan produk skincare tertentu. Nah, untuk mengatasinya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. 

 

Cara Mengatasi Purging

 

Tak sama seperti jerawat, bila wajah mengalami purging kita memang harus ekstra sabar. Sebab bila salah penanganan, purging malah dapat melebar dan susah untuk dihilangkan. Kulit yang purging juga cenderung lebih sensitif. Oleh sebab itu ikuti beberapa tips berikut ini agar puging cepat selesai.

 

1. Membersihkan Wajah dengan Teknik Double Cleansing

 

Salah satu cara yang dapat membantu purging cepat selesai adalah dengan rutin mencuci muka selama dua kali sehari. Hal ini bertujuan untuk mengangkat minyak dan kotoran pada wajah. Agar kotoran di wajah terangkat secara sempurna. Sebaiknya gunakanlah teknik double cleansing. Yaitu membersihkan muka terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing oil. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan muka dengan facial wash atau facial foam. 

 

Sebagai tips tambahan, jangan mencuci muka terlalu lama sebab hal ini malah akan membuat kulit menjadi lebih kering dan lebih sensitif. Selain itu, basuhlah wajah dengan air dingin saja daripada air hangat atau panas. 

 

2. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

 

Seperti yang kita tahu, bagian tubuh tangan kita merupakan sarang bakteri karena kita tangan sering kita gunakan untuk memegang suatu benda yang tak kita ketahui kebersihannya. Oleh sebab itu, hindari menyentuh muka dengan tangan untuk mencegah risiko perpindahan bakteri dari tangan ke wajah. Saat kulit mengalami purging dan timbul jerawat baru sebaiknya juga hindari menyentuh dan memencet calon jerawat ya. Karena bakteri pada tangan akan menempel pada kulit. 
 

3. Memakai Skincare Calming

 

Bila kulit mengalami peradangan atau purging, sebaiknya segera ganti jenis skincare kamu ke bahan-bahan anti iritasi. Seperti contohnya chamomile, panthenol, green tea, aloe vera extract yang dapat mengurangi iritasi dan peradangan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi skin barrier kamu dengan menggunakan pelembab wajah. 
 

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

 

Bukan mitos lagi bila makanan yang kita makan juga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Oleh karena itu, atur makanan yang kamu konsumsi dengan memilih makanan bervitamin tinggi seperti sayur dan buah-buahan. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan karbohidrat tinggi seperti nasi putih, pasta, mie, sereal dan makanan manis lainnya. 
 

5. Menggunakan Sunscreen 

 

Saat kondisi kulit sedang purging, wajib tetap menggunakan sunscreen ya. Karena dengan menggunakan sunscreen secara rutin. Hal ini bisa mempercepat proses purging cepat berakhir. Selain itu, sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar UV dari matahari. Namun, pilihlah  produk sunscreen dengan kandungan non comedogenic dan memiliki formula ringan serta cepat menyerap ke lapisan kulit. Sehingga, sunscreen tersebut tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat semakin meradang

 

Nah itulah dia berbagai tips agar purging cepat selesai ya. Selain menjaga kulit dari luar, kamu juga perlu mengatur kondisi kesehatan kulit kamu dari dalam juga ya. Semoga artikel di atas membantu!