Rangkaian Basic Skincare Untuk Remaja

29 September 2022 - Bella
Share

Basic skincare adalah serangkaian produk perawatan dasar yang berfungsi memelihara kulit. Melakukan rutinitas basic skincare pada dasarnya harus dilakukan oleh semua orang. Entah kamu memiliki kulit tipe sensitif, berminyak maupun kering sekalipun. Penggunaan basic skincare secara rutin dapat membuat kulit semakin sehat, garis-garis halus, bintik hitam, dan kerusakan akibat sinar matahari ikut memudar. Sebenarnya basic skincare ini bisa dilakukan bagi pemula seperti remaja lho. Nah, akan tetapi kamu harus memperhatikan bahan-bahan apa saja ya dalam basic skincare yang kamu pilih. Berikut ini kami akan mengulas lengkap apa saja basic skincare untuk remaja. Simak yuk!

 

Pembersih Wajah


Step pertama dalam basic skincare adalah melakukan pembersihan wajah dari kotoran dan make up yang menempel. Pilihlah sabun cuci muka yang aman dan dengan kandungan yang ringan. Pastikan juga face cleanser kamu tidak menghasilkan efek kering setelah pemakaian.


Untuk tekniknya sendiri sama seperti cuci muka pada umumnya. Yaitu dua kali sehari dengan menggunakan jumlah sabun yang cukup. Hindari mencuci muka terlalu sering dan lama karena itu akan merusak skin barrier milikmu. 

 

Serum 


Untuk remaja, serum yang kamu gunakan boleh berupa serum dengan kandungan bakuchiol, niacinamide atau hyaluronic acid. Hindari serum dengan bahan aktif retinol atau retinoid karena belum cocok untuk usia kamu. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencoba serum dengan kandungan vitamin c pada pagi hari bersamaan dengan pemakaian sunscreen.


Sekadar tips, sesuaikan pemilihan sunscreen dengan permasalahan yang kamu alami ya. Pilihlah satu jenis serum dengan satu bahan aktif. Hindari menumpuk serum dengan serum lainnya karena bisa saja kandungannya tak cocok di kulit. 

 

Pelembab 


Hal yang tak boleh terlewat selanjutnya pada basic skincare adalah pelembab. Pelembab bertujuan untuk mengunci kelembaban kulit wajah kita agar tidak kering dan tetap terawat. Selain mampu mengontrol kadar sebum kulit wajah. Pelembab juga bisa mencegah kulit kering akibat kekurangan hidrasi. 


Pelembab ini terdiri dari dua macam yaitu pelembab krim siang dengan kandungan UVA/UVB dan krim malam yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Oleskan pelembab pada pagi dan malam hari sesaat sesudah memakai serum.

 

Sunscreen

 

Sekalipun kamu berada di dalam ruangan untuk beraktifitas. Dampak negatif dari sinar UV dapat menembus kaca dan mengenai kulit wajah. Hal ini pun dapat menyebabkan berbagai masalah. Seperti kulit yang kusam, munculnya noda bintik hitam hingga membuat kulit kamu menjadi sensitif kemerahan. 


Oleh karena itu selalu gunakan sunscreen saat beraktifitas di dalam dan luar ruangan. Untuk remaja, ada baiknya gunakan sunscreen yang mudah menyerap di kulit dengan minimal spf 25 pa ++. Pastikan juga, kamu selalu mere-apply sunscreen ini setiap 4-5 jam sekali ya.
 

Lip balm

 

Produk basic skincare terakhir untuk remaja adalah lip balm atau pelembab bibir. Merawat wajah tak hanya berfokus pada kulit wajah saja lho. Melainkan kelembaban bibir dan rona merahnya juga harus terjaga. Oleskan lip balm pelembab bibir setiap kali kulit terasa kering. Selain itu, untuk proteksi yang maksimal. Pilihlah lip balm dengan uv filter jadi mengurangi adanya garis bibir yang hitam.

 

Nah, itulah dia berbagai rangkaian basic skincare untuk remaja yang bisa kamu ikuti. Ingatlah manfaat dari rutin melakukan basic skincare ini dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sejak usia dini. Selain itu, juga mengajarkan remaja untuk merawat diri sendiri.