Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Sendiri Dengan Aman

08 Desember 2022 - Bella
Share

Adanya komedo pada wajah akan mengganggu tampilan make up kamu. Tekstur wajah akan terlihat kasar dan bintik-bintik putih pada area hidung akan mencuri spotlight. Komedo pun sebenarnya ada dua jenis. Pertama yaitu komedo putih dengan tekstur kasar ketika diraba dan kedua yaitu komedo hitam dengan ciri khas warna hitam gelap yang berasal dari penumpukan kotoran. 

 

Apabila komedo dibiarkan, hal ini akan membuat tampilan make up kamu tak terlihat sempurna selain itu juga dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat baru. Untuk itu, cobalah dengan rajin menghilangkan komedo pada hidung. Berikut ini adalah cara menghilangkan komedo di hidung dengan cara yang aman dan cepat. Simak bagaimana caranya!
 

Menggunakan Skincare Eksfoliator

 

Penggunaan skincare dengan kandungan bahan aktif exfoliator tentu menjadi cara yang tepat untuk hilangkan komedo membandel kamu. Kamu bisa memilih toner dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat. 


Bila dirasa kurang cukup, alternatif lainnya adalah mencoba serum wajah dengan kandungan exfoliator. Berbeda dengan toner, serum dapat bekerja lebih efektif dan lebih cepat karena dapat meresap ke dalam lapisan kulit. Serum juga mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati yang masih terperangkap dan mendorong kulit beregenerasi lebih cepat. 

 

Untuk penggunaan skincare exfoliator perlu diperhatikan, sebab skincare jenis ini tak boleh digunakan setiap hari. Kamu hanya bisa menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu agar skin barrier kulit tidak rusak dan iritasi. Pada tahapan awal, pilihlah skincare dengan kandungan exfoliator yang ringan kemudian baru memilih skincare dengan kandungan exfoliator yang cukup besar guna menghindari breakout.
 

Scrub Wajah

 

Scrub dapat membantu merontokkan komedo yang terperangkap. Butiran halus pada scrub akan mendorong komedo terlepas dari pori-pori. Selain itu scrub juga membantu membersihkan kulit dan juga mengontrol minyak. 


Ada berbagai macam produk scrub saat ini, namun pilihlah produk scrub dengan butiran lembut yang gentle di kulit.

 

Masker Clay Mask

 

Tak banyak orang tahu, masker lumpur atau clay mask dapat menghilangkan komedo dengan efektif. Sifatnya dapat mengangkat kotoran dan juga mengurangi minyak berlebih pada oiru. Pada pemakaian teratur clay mask yang terkenal dengan kandungan mineral sulfur atau belerang dan juga arang oni dapat membuat wajah terlihat lebih bersih dan cerah.
 

Clay mask pun sebenarnya juga sudah terkenal oleh warga Korea Selatan karena kemampuannya sebagai skincare yang dapat mengecilkan pori-pori. Untuk cara pemakaiannya, kamu bisa mengoleskan masker clay mask pada wajah dan membiarkannya mengering dan membasuhnya dengan air hangat.
 

Campuran Masker Lemon dan Madu

 

Kedua bahan alami berupa lemon dan madu dapat membantu membersihkan kulit dan membersihkan minyak. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan gula. Oleskan ramuan pada hidung dengan merata dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, pijat hidung dengan gerakan memutar hingga komedo terasa rontok. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.
 

Putih Telur

 

Daya rekat putih telur bisa kamu jadikan sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan putih telur dan perasan lemon. Aduk kedua bahan kemudian oleskan pada bagian hidung atau seluruh wajah. Biarkan hingga mengering dan tarik masker secara perlahan hingga terangkat sempurna. Setelah itu, bilas wajah dengan menggunakan air bersih. 

 

Itulah dia berbagai cara menghilangkan komedo di hidung dengan ampuh dan aman. Apakah kamu tertarik mencobanya?