1001 Manfaat Masker Charcoal Untuk Kecantikan Kulit

14 Januari 2023 - Bella
Share

Siapa sangka dibalik warna hitam pekat dalam masker charcoal ini bisa membuat kulit wajah lebih bersih? Masker charcoal diyakini sejak zaman dahulu dengan manfaatnya yang mampu membersihkan wajah lebih mendalam dan efektif dibandingkan dengan bahan lain. Charcoal mampu menyerap minyak berlebih pada wajah, mengangkat sel kulit mati beserta komedo hingga membuat wajah lebih tenang.

 

Charcoal atau arang sendiri sebenarnya masih satu turunan. Namun, charcoal diperoleh dari bahan alami yang sudah dipanaskan dalam suhu tinggi. Sehingga arang akan memiliki banyak ruang kecil atau pori-pori yang membuatnya mampu menyerap partikel berlebih pada kulit dan bermanfaat bagi kecantikan.

 

Penasaran apa saja manfaat charcoal? Simak artikel di bawah ini

 

Manfaat Masker Charcoal untuk Kulit

 

1. Mengangkat sisa kotoran 

 

Charcoal mampu membersihkan sisa kotoran dan make up yang masih terperangkap di dalam pori-pori. Bahan aktif ini lebih kuat dalam mengikis kotoran yang masih menempel. Sehingga wajah terasa lebih bersih dan kesat. Namun, bila kamu pemilik kulit kering, jangan menggunakan masker charcoal ini terlalu lama ya. Sebab minyak alami wajah yang masih dibutuhkan nanti akan ikut terserap dan wajah kamu akan semakin kering.

 

2. Membersihkan wajah dari komedo, whitehead dan jerawat

 

Sifat charcoal yang mudah menyerap keringat dan membasmi kotoran sel kulit mati juga akan mendatangkan manfaat dalam membasmi komedo di wajah. Tak akan ada lagi komedo dan jerawat yang akan mengganggu tampilan cantikmu.

 

Charcoal akan bekerja dengan cara menyerap sebum atau minyak berlebih dalam kulit, hingga menyerap nanah dan kotoran pada bakal jerawat. Jadi komedo dan jerawat tak akan pernah muncul.

 

3. Mengecilkan pori-pori wajah

 

Saat bahan aktif charcoal berhasil membasmi kotoran dan sebum. Otomatis hal ini juga akan membantu pori-pori wajah semakin mengecil sebab tak ada lagi kotoran yang mengganggu pada kantung pori. Dari berbagai pengalaman, penggunaan masker charcoal bahkan bisa menutup kembali pori-pori wajah yang sudah terbuka lho. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih muda dan tidak cepat berminyak.

 

4. Mengontrol kadar sebum kulit

 

Masker charcoal dapat menyerap produksi minyak berlebih dan menyeimbangkan kadar sebum pada wajah. Hal ini berguna agar sebum atau minyak tak melebihi batas normal kulit. 

 

5. Meredakan kemerahan kulit sensitif

 

Salah satu penyebab kulit wajah kemerahan adalah iritasi akibat timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, sifat antibakteri dari arang inilah yang akan membantu kemerahan segera mereda. Ia bekerja dengan cara melindungi kulit dari iritasi serta mencegah jerawat muncul kembali. 

 

6. Mencerahkan kulit

 

Kotoran dan polusi berlebih dapat merusak kondisi kulit, sehingga wajah tampak lebih kusam dan warnanya tidak merata. Oleh sebab itu, gunakan charcoal yang mampu membantu mencerahkan wajah dan membuatnya tampak jauh lebih segar.

 

7. Menghaluskan Kulit

 

Penggunaan masker charcoal rutin 2 kali selama seminggu dapat membantu menghaluskan tekstur kulit agar lebih lembut. Sebab kotoran yang menumpuk sudah terkikis dan tak ada minyak penyebab komedo.

 

8. Membantu menyerap racun pada kulit

 

Fakta menarik dari charcoal adalah mampu menyerap racun dari dalam kulit. Charcoal merupakan agen detoks yang membantu menyerap racun yang dihasilkan dari polusi, sinar matahari, stress dan produk kimia yang bersarang pada lapisan epidermis kulit. Racun ini kemudian akan terserap sepenuhnya sehingga kulit jauh lebih sehat. 

 

Nah itulah dia ulasan lengkap berbagai manfaat dari masker charcoal ini. Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik menggunakan masker charcoal?