Cara Mengatasi Rambut Rontok Dari Bahan Alami

11 Desember 2022 - Bella
Share

Pernah mengalami rambut rontok? Hal yang mengganggu pria dan wanita karena dapat menyebabkan kebotakan kulit kepala. Selain dapat merusak penampilan rambut rontok bila dibiarkan bisa menjadi pertanda ada yang tak beres dalam tubuh kamu lho. Sebab rambut rontok juga bisa ditimbulkan karena kurangnya asupan gizi, perubahan hormon, stress, faktor usia serta pengaruh dari alkohol. 


Bila kamu sedang mengalami kerontokan pada rambut. Berikut ini adalah cara mengatasi rambut rontok dari bahan-bahan alami yang bisa kamu coba!
 

Minyak Kelapa

 

Minyak kelapa dapat meminimalisir kerontokan pada rambut. Sebab ia mengandung asam lemak yang dapat menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa sebelum keramas dan membiarkannya selama beberapa jam. Pijat kulit kepala dengan lembut kemudian keramas dengan shampoo seperti biasa.  Hasilnya, rambut akan terasa lebih kuat dan juga memiliki kilau alami.

 

Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K serta zat besi dan kalsium. Kandungan inilah yang mampu membantu mengatasi rambut rontok.  Sama seperti minyak kelapa, cara penggunaan minyak zaitun cukup mudah. 

 

Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan batang rambut. Pijat dengan lembut dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, keramas dengan menggunakan shampoo seperti biasa. 
 

Lidah Buaya

 

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru, memperbaiki jaringan rambut yang rusak serta mengembalikan kilau warna alami. Lidah buaya juga sangat bagus untuk mengatasi rambut rontok. Maka tak jarang jika lidah buaya sudah turun temurun digunakan sebagai ramuan tradisional penumbuh rambut. 
 

Untuk penggunaannya, kamu bisa menyiapkan lidah buaya sendiri dengan cara mengambil gel transparan. Pastikan tidak ada getah kuning yang masih menempel pada gel lidah buaya. Hancurkan gel hingga seperti bubur halus kemudian oleskan pada area kulit kepala. Diamkan selama setengah jam dan keramas seperti biasa.
 

Ginseng

 

Tahukah kamu jika ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru dengan merangsang folikel rambut. Ginsenosides yang merupakan bahan aktif pada ginseng dapat merangsang sekaligus memperkuat akar rambut. Kamu bisa rutin mengkonsumsi gingseng untuk mendapatkan hasil optimal.

 

Daun Seledri dan teh  hijau

 

Ramuan tradisional untuk menghilangkan kerontokan rambut ini dapat kamu coba. Sebab mengandung senyawa antioksidan, vitamin A, vitamin B yang dapat menguatkan akar rambut. Untuk penggunaannya kamu harus menyeduh seledri dengan air panas kemudian oleskan seduhan tersebut ke kulit kepala. Diamkan kemudian bilas dengan air bersih.
 

Kemiri

 

Kemiri menjadi salah satu alternatif penumbuh rambut alami dengan harga yang murah. Seperti yang kita tahu, minyak kemiri sangat bagus dalam merangsang pertumbuhan rambut dan menghitamkan rambut. 


Oleskan minyak kemiri yang terbuat dari kemiri yang sudah disangrai kemudian diamkan. Basuh kepala dengan menggunakan air bersih.
 

Minyak Rosemary
 

Rosemary adalah salah satu minyak esensial yang dilaporkan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Hal ini karena minyak rosemary bisa merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati alopecia androgenetik.
 

Itulah dia berbagai cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan tinggi protein agar mempercepat pertumbuhan rambut ya!