Apa Saja Fungsi Minyak Zaitun Untuk Rambut Rontok?

30 September 2022 - Bella
Share

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun (Olea europaea) yang memiliki segudang manfaat. Salah satu contohnya dalam bidang kesehatan, Minyak zaitun murni atau virgin olive oil ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada pasien dan memperbaiki kadar kolesterol dalam darah berkat kandungan antioksidannya. Tak berhenti sampai disitu, minyak zaitun juga juga diyakini dapat mengatasi rambut rontok lho. Kira-kira apa saja sih manfaat dari minyak zaitun untuk rambut rontok ini? Simak yuk!

 

Mengurangi Kerontokan

 

Berbagai penelitian sudah membuktikan bila minyak zaitun dapat mengurangi kerontokan. Manfaat minyak zaitun bekerja dengan cara mengurangi Stres oksidatif yang merupakan salah satu faktor risiko kerontokan rambut. Kandungan omega 3, vitamin E, vitamin K serta asam lemak dari minyak zaitun dapat membantu membantu mengatasi rambut rontok serta menutrisi. Sehingga rambut tampak lebih sehat, kuat hingga ujung akarnya.
 

Melembabkan Rambut Kering

 

Tahukah kamu jika kebanyakan rambut rontok karena kekurangan nutrisi? Nah, kekurangan nutrisi inilah yang akhirnya menyebabkan rambut kering dan mudah patah. Namun, masalah ini dapat kamu atasi dengan minyak zaitun. Sebab minyak zaitun memiliki sifat yang bisa melembabkan rambut dan juga melindungi rambut berkat kandungan asam oleat dan asam palmitat.. Selain itu, minyak zaitun juga akan membantu untuk menutupi kutikula rambut, melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut Sehingga rambut akan ternutrisi, bercahaya dan tak mudah patah. 

 

Merangsang Pertumbuhan Rambut 
 

Campuran antara minyak zaitun dengan dexamethasone 0,25% dapat menjadi penolong dari rambut kamu yang mudah rontok. Kedua bahan ini dapat merangsang pertumbuhan rambut. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan kedua bahan tersebut sesaat sebelum keramas ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan treatment ini selama 1 bulan untuk hasil maksimal. 
 

Menghaluskan Rambut

 

Gunakan minyak zaitun sebagai masker alami sebelum keramas untuk menghasilkan rambut yang lebih lembut. Berbagai permasalahan rambut seperti rambut bercabang dan patah juga pasti akan teratasi. Jadi rambut kamu tetap bisa tumbuh dengan panjang. 

 

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok

 

Dengan berbagai manfaat minyak zaitun di atas, pasti kamu tertarik dong untuk mencobanya sendiri di rumah? Untuk itu, kini kami akan jabarkan bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut rontok.

 

Minyak Zaitun Sebagai Masker Rambut

 

Sebenarnya minyak zaitun bisa saja kamu oles dan pakai langsung ke batang rambut untuk dijadikan masker. Namun, agar manfaat minyak zaitun lebih terasa. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan bahan-bahan lain lho. Seperti mencampur minyak zaitun dengan alpukat untuk memperkuat akar rambut sekaligus melembabkannya. Kalau kamu memiliki rambut kering, kombinasi alpukat dan minyak zaitun akan menyelamatkan kamu. Selain itu, zat antioksidan juga akan membantu menjaga kesehatan rambut. Sehingga rambut lebih sehat terawat. Cara membuat masker ini cukup sederhana yaitu :
 

1. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dan ½ buah daging alpukat matang

2. Blender atau haluskan kedua bahan ini hingga daging alpukat halus

3. Pastikan tekstur akhir creamy seperti bubur atau conditioner

4. Oleskan pada ujung hingga akar rambut kemudian diamkan selama 30 menit

5. Bilas rambut seperti biasa

 

Itulah dia berbagai manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok sekaligus cara pembuatan masker minyak zaitun. Meskipun saat ini berbagai produk minyak zaitun beredar di pasaran, kamu harus tetap cermat memilih mana produk minyak zaitun yang diperuntukkan untuk dikonsumsi dan untuk kecantikan ya.