Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Untuk Make Up Lebih Flawless

08 Oktober 2022 - Bella
Share

Tekstur pada kulit wajah sebenarnya merupakan hal yang normal ditemukan. Namun seringkali hal ini membuat turunya rasa percaya diri pada wanita. Karena hal ini dapat membuat tampilan make up yang tak mulus dan terkesan kasar. Tekstur kulit yang tak merata ini sebenarnya dapat terjadi karena beberapa hal. Seperti contohnya karena penumpukan sel kulit mati berlebih pada lapisan kulit terluar.  Selain itu, faktor lain seperti paparan sinar matahari, perubahan iklim dan efek penuaan eksim juga menjadi salah satunya. Untuk kamu yang memiliki kulit bertekstur, jangan khawatir. Berikut ini kami akan memberikan ulasan singkat cara mengatasi kulit bertekstur agar tampilan make up kamu makin flawless!
 

1. Memakai Pelembab Sebelum Make Up

 

Penyebab utama mengapa tekstur kulit kamu tak merata adalah kondisi kulit yang kering kurang terhidrasi. Semakin kulit kamu kering hal ini akan membuat tekstur kulit semakin terlihat. Oleh sebab itu, gunakanlah pelembab dengan kandungan hyaluronic acid atau ceramide yang mampu mengunci kadar air dalam kulit. Pelembab dengan kedua kandungan tersebut juga dapat membantu kulit terhidrasi dengan optimal serta menyiapkan kulit untuk menerima berbagai produk make up setelahnya. 

 

2. Memilih Primer Berbasis Silikon

 

Tak sembarang memilih primer saat memiliki kulit bertekstur adalah langkah selanjutnya yang kamu harus lakukan. Seperti yang kita tahu, tampilan make up akan lebih sempurna dengan menggunakan primer. Mengingat fungsi utama primer itu sendiri adalah untuk membuat kulit terlihat lebih halus dan menyamarkan tampilan pori-pori pada wajah. 

 

Bila kamu memiliki kulit bertekstur sangat disarankan untuk menggunakan primer berbahan silikon. Silikon adalah bahan yang mampu mengunci hidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Sehingga kulit terasa kenyal dan sehat. Selain itu, primer silikon juga membantu mengisi bagian berlubang pada pori-pori. Cara mengaplikasikan primer silikon ini bisa menggunakan jari tangan maupun brush foundation.Untuk besarnya, kamu hanya memerlukan primer sebesar ukuran jagung dan fokuskan untuk mengoleskannya pada area wajah yang bertekstur.

 

3. Menggunakan Liquid Foundation
 

Saat tekstur kulit terasa kasar, sebaiknya hindari memilih jenis foundation cream yang matte dan tebal. Karena hal ini akan membuat tampilan make up kamu terlihat cakey dan tekstur semakin terlihat jelas. Sebaiknya pilih foundation dengan tekstur cair dengan dewy finish yang mudah diblend. Tak perlu menggunakan foundation berlapis-lapis. Cukup gunakan foundation tipis dan secukupnya untuk seluruh area wajah. Bila diperlukan, kamu juga bisa menambahkan concealer ke area bekas jerawat dan noda kehitaman ya. 
 

4. Bedak Tabur pada Area Berminyak

 

Bedak berjenis two way cake atau bedak padat lainnya akan membuat make up semakin tebal. Lama-kelamaan hal ini akan membuat make up crack dan tekstur semakin terlihat jelas. Pilihlah bedak berjenis tabur dan pusatkan di area berminyak seperti T-zone. Bedak tabur memiliki sifat yang ringan dan mudah diratakan sehingga ia tak akan menumpuk di bagian kulit yang kasar.
 

5. Setting Spray untuk Mengunci Make Up
 

Langkah terakhir setelah menggunakan make up adalah dengan menyemprotkan setting spray. Dengan bantuan setting spray make up kamu tidak akan mudah bergeser serta produk ini juga membantu meratakan tampilan make up agar lebih halus. Saat ini terdapat berbagai jenis setting spray mulai dari setting spray hasil akhir matte dan dewy yang bisa kamu pilih. 

 

Nah itulah dia berbagai cara mengatasi kulit bertekstur kamu dengan mudah. Ingatlah jika kulit kering akan semakin memperburuk kondisi kulit kamu. Untuk itu, jangan lupa menjaga hidrasi kulit agar tetap lembab ya!