Urutan Make Up Yang Benar, Make Up Lebih Awet Dan Anti Minyak!

22 Oktober 2022 - Bella
Share

Apakah kamu sering merasa kesal karena make up gampang bergeser dan luntur? Entah itu saat menggunakan masker atau tengah di bawah terik matahari. Agar riasan make up kamu tetap terlihat awet dan anti minyak. Sebenarnya kamu tak hanya perlu memilih produk make up berkualitas saja lho. Melainkan kamu juga harus paham urutan make up yang benar seperti apa. Dengan mengetahuinya, kamu dapat menyamarkan bekas jerawat, pori-pori, kerutan hingga noda kehitaman pada wajah lebih maksimal. 

 

Nah, kira-kira bagaimana sih urutan make up yang benar agar tampilan wajah makin flawless setiap saat? Yuk, simak dulu ulasan berikut ini!
 

Selalu Menggunakan Skincare


Hal mendasar yang kamu lakukan sebelum memulai make up adalah menggunakan produk skincare terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu, skincare dapat merawat kulit wajah sekaligus mempersiapkannya untuk menerima make up agar lebih awet dan lebih menempel. 


Berbagai skincare yang harus kamu gunakan sebelum make up di antaranya adalah face wash, toner, serum, pelembab dan paling terpenting sunscreen dengan spf yang cukup. Disarankan untuk menggunakan skincare berbasis niacinamide, ceramide, hyaluronic acid yang mampu memberikan hidrasi pada kulit sehingga lebih lembab. Hindari menggunakan skincare dengan kandungan retinol atau AHA BHA yang malah membuat kulit kering dan iritasi setelah make up.
 

Primer untuk Menyamarkan dan Mengontrol Sebum

 

Primer merupakan pondasi awal saat menggunakan make up. Sebab produk ini dapat membantu mengontrol kelebihan minyak dan menyamarkan tampilan pori-pori. Sehingga make up tidak mudah bergeser. Bila kamu memiliki kulit dengan type oily skin. Kamu bisa mencoba produk primer berbasis gel dengan label non comedogenic. Selain itu, pilihlah primer dengan warna neutral agar mudah merata dengan undertone kulit.

 

Pakailah toner dengan cara mengoleskannya pada area T-zone terlebih dahulu. Seperti pada area dahi dan hidung, area kelopak mata dan juga dagu. 

 

Menggunakan Foundation & Concealer Sesuai Skin Tone

 

Memilih foundation & concealer dengan warna yang sesuai akan membantu kamu menggunakannya dalam jumlah yang sedikit. Sebab kamu tak perlu menggunakan jumlah tetesan foundation yang begitu banyak untuk mengcover seluruh area muka. Mencontoh dari berbagai MUA terkenal, mereka biasanya akan mengaplikasikan foundation tipis-tipis ke area kulit sesuai dengan kebutuhan. Kamu pun bisa meratakannya dengan menggunakan brush atau pun beauty blender.

 

Setelah selesai, kamu bisa gunakan concealer untuk menutupi area-area yang masih belum bisa tercover dengan sempurna oleh fondation ini. Namun, jangan meratakan concealer langsung ya. Beri jeda sekitar 2 menit setelah mengoleskannya. Kemudian baru blend menggunakan spons agar hasil tampak natural.
 

Aplikasikan Bedak ke Seluruh Area Wajah
 

Bedak dapat berfungsi sebagai pengunci make up supaya lebih menempel dengan sempurna dan tak mudah luntur. Selain itu, bedak juga dapat meminimalisir produksi sebum di wajah. Ada dua tipe bedak yang bisa kamu pilih. Pertama bedak tabur yang direkomendasikan untuk kulit wajah minyak dan berjerawat.  Kedua bedak tipe padat yang dapat memberikan coverage lebih pada kulit yang cocok untuk semua jenis kulit.
 

Setting Spray untuk Hasil Akhir yang Sempurna


Tahap terakhir saat memakai make up adalah memakai setting spray. Produk ini dapat mengunci make up agar lebih tahan lama dan awet. Setting spray ada berbagai macam jenis tergantung hasil akhir yang kamu inginkan. Mulai dari matte finish hingga dewy finish.

 

Itilah dia urutan make up yang benar yang bisa kamu mulai lakukan agar makeup lebih awet ya. Pastikan kamu memilih jenis make up dengan warna kulit dan hasil akhir yang kamu inginkan agar tampilan wajah lebih flawless.