Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dengan Mudah

10 November 2022 - Bella
Share

Tahukah kamu jika rambut bisa diluruskan secara alami? Berbagai bahannya pun bisa kamu dapatkan dengan mudah di dapur rumah. Selain lebih aman karena tak akan membawa resiko rusak karena bahan kimia dan suhu tinggi yang biasanya kamu temukan dalam proses rebonding. Meluruskan rambut dengan cara alami juga akan memberikan nutrisi bagi rambut, sehingga rambut lebih lembab dan juga sehat. Tertarik mencobanya? Yuk ikuti cara meluruskan rambut secara alami berikut ini

 

Keramas Secara Rutin

 

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan agar rambut bisa lurus secara natural adalah dengan memperhatikan kebersihannya. Kulit kepala dan rambut yang bersih dari kotoran akan lebih mudah untuk menyerap nutrisi dari vitamin rambut. Nah,  untuk itu usahakan keramas secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. 

 

Saat keramas sebaiknya gunakan pula air dingin daripada air yang panas untuk menjaga kelembaban dalam batang rambut. 

 

Shampoo dengan Kandungan Keratin

 

Keratin dapat membantu memperhalus sel-sel tempat tumbuhnya rambut agar tak mudah kusut. Keratin mampu menutrisi serta merawat rambut yang rusak karena bercabang. Dengan menggunakan shampoo keratin. Rambut akan lebih lembab dan mudah diatur. Serta memberikan efek gamang terjatuh.

 

Rutin Hair Mask 

 

Penggunaan hair mask bisa membantu kamu untuk segera mendapatkan rambut lurus impian. Jangan salah, hair mask saat ini tidak hanya mampu menutrisi rambut dan memberikan wangi awet saja lho. Beberapa jenis produk hair mask juga bisa membantu melembabkan dan meluruskan rambut. 

 

Untuk cara penggunaanya agar lebih maksimal. Kamu bisa mencoba mengoleskan hair mask sesaat sesudah keramas kemudian mendiamkannya sekitar 15 menit. Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih tanpa ada cream yang tersisa. Hal ini berguna untuk mencegah kulit kepala dari ketombe.
 

Ramuan Telur dan Susu

 

Telur yang kaya akan protein mampu membuat rambut lemas dan ternutrisi. Selain itu, susu juga dapat memberikan nutrisi dan menghidrasi rambut agar tampak jatuh dengan lembut saat kering. Cara menggunakan ramuan ini sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan telur 2-3 butir dengan 2 gelas susu. Aduk kedua bahan ini hingga berbusa dan mengental. Bila sudah, kamu bisa oleskan masker dari bagian akar hingga ujung batang rambut. Diamkan rambut hingga 20-30 menit kemudian bilas menggunakan air.

 

Masker Pisang

 

Pisang dipercaya dapat merubah rambut kering dan keriting agar lebih lembut dan juga lurus alami. Cara membuat masker pisang ini pun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan dua pisang yang sudah matang dan juga campuran bahan lain. Seperti madu, yogurt dan minyak zaitun. Campurkan 2 buah pisang dengan ketiga bahan tersebut dengan takaran 1 sendok makan.

 

Haluskan dengan menggunakan tangan atau blender hingga teksturnya seperti pasta. Kemudian oleskan masker pisang pada rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas rambut dengan menggunakan air.

 

Pepaya dan Madu

 

Pepaya kemerahan yang sudah matang mengandung banyak vitamin yang tidak hanya baik untuk tubuh. Melainkan juga pada pertumbuhan rambut agar ternutrisi dan lebih sehat. Cara mengolah masker pepaya dan madu ini cukup mudah. Siapkan buah pepaya yang sudah matang secukupnya kemudian tambahkan satu sendok makan madu murni. Blender kedua bahan hingga halus. Bila kurang kental, kamu bisa menambahkan yogurt. 

 

Itulah dia beraneka cara meluruskan rambut secara alami yang dimulai dari proses keramas dengan benar. Dari rangkaian cara di atas bisa kamu coba sendiri di rumah tanpa perlu rasa was was ya!