Cara Membuat Masker Komedo Di Rumah Dengan Mudah Dan Cepat

29 September 2022 - Bella
Share

Permasalah komedo kerap menghantui setiap orang. Komedo merupakan Bintik kecil hitam atau putih yang terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat minyak dan sel kulit mati menumpuk di area teratas lapisan kulit. Bila tak segera dibersihkan, komedo bisa menyebabkan jerawat lho. Untuk itu bersihkan komedo dengan cara menggunakan masker pengangkat komedo maupun scrub wajah. Namun, scrub wajah ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif ya. Alternatifnya, kamu bisa membuat masker komedo sendiri dengan bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. Intip yuk cara membuat masker komedo ini!

 

Kombinasi madu, brown sugar, lemon 


Sifat yang harus dimiliki pada masker komedo adalah lengket untuk mengangkat komedo dengan sempurna. Madu adalah bahan alami yang tak hanya memiliki rasa enak namun juga memiliki sifat lengket dan dapat dengan kuat menempel ketika kering. Kombinasi bahan madu, brown sugar dan lemon sangat cocok untuk dijadikan masker komedo. 


Caranya pun sederhana, kamu bisa mencampur bahan berupa satu sendok makan brown sugar dengan satu sendok madu dan 2 sendok air lemon. Campurkan ketiga bahan ini secara merata. Kemudian oleskan pada kulit wajah yang kering. Diamkan selama 5-10 menit kemudian angkat masker dan bilas dengan air mengalir. 

 

Teh hijau dan gelatin


Sifat anti-inflamasi mampu menenangkan kulit dan mencegah minyak atau sebum penyebab komedo muncul kembali. Buatlah masker komedo dari kombinasi teh hijau dan juga gelatin yang mampu mengangkat komedo dengan ampuh. Caranya, sedu satu bubuk gelatin dengan air panas serta air dari teh hijau dengan masing-masing skalanya adalah 1 sendok teh. Setelah itu, panaskan kedua bahan ini ke dalam microwave selama 10 detik. Oleskan campuran tersebut ke wajah kamu dan biarkan mengering. Setelahnya kamu bisa mengupas secara perlahan dan bilas dengan air. 

 

Charcoal

 

Charcoal merupakan bahan aktif yang dapat membantu menarik bakteri, kotoran, dan kotoran lainnya dari kulit. Untuk membuat masker komedo dari charcoal pun cukup sederhana. Campurkan satu sendok teh clay bentonit, bubuk arang aktif, dan air. Pastikan tetap kental ya jangan terlalu encer. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air hangat.

 

Putih telur dan lemon

 

Ramuan masker komedo selanjutnya yang sangat populer adalah kombinasi dari putih telur dan juga lemon. Seperti yang kita tahu, putih telur merupakan bahan perekat alami yang sudah digunakan sejak zaman prasejarah. Nah, berkat kemampuannya tersebut putih telur juga bisa lho dijadikan masker komedo alami. Tak hanya dapat menyerap minyak dan mengencangkan kulit saja. Putih telur dan vitamin c dapat membantu mencerahkan kulit dan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.



Campurkan putih telur secukupnya dengan perasan lemon. Pastikan ramuan ini masih kental ya jangan terlalu encer. Kemudian tempelkan tisu pada wajah dan oleskan secara merata campuran putih telur dan lemon ini. Diamkan selama 10 menit kemudian kupas tisu secara perlahan. Bilas wajah dengan gunakan air dingin.

 

Itulah dia cara membuat masker komedo dengan bahan-bahan alami. Pastikan sebelum kamu membuatnya sendiri, kulit wajah kamu tidak alergi ya. Sebaiknya jangan gunakan masker komedo lebih dari satu kali selama seminggu. Guna menghindari efek berkelanjutan pada kulit seperti kulit kering hingga gatal. Semoga artikel di atas membantu.