Tips Berganti Sabun Muka, Agar Kulit Tak Purging!

31 Oktober 2022 - Bella
Share


Source : Freepik

 

Rasanya wajib bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan wajah dengan menggunakan sabun muka. Selain membantu membersihkan minyak dan juga kotoran. Sabun muka juga dapat menjaga kelembaban kulit. Akan tetapi, untuk penggunaannya sendiri harus tetap kamu perhatikan ya. Pasalnya dalam satu hari, kamu tidak boleh mencuci muka terlalu sering guna menghindari adanya iritasi dan juga kulit semakin kering. 



Berbagai produk sabun cuci muka pun saat ini beredar dengan keunggulan dan fungsi yang berbeda. Membuat siapa pun tertarik untuk mencobanya. Namun, apakah kulit kamu sering purging akibat bergonta-ganti skincare? Bila iya, jangan khawatir. Berikut ini kami akan jabarkan tips berganti sabun muka yang aman.

 

1. Memilih Produk Aman Berlabel BPOM

 

Kalau kamu suka sekali mencoba produk skincare baru. Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah produk tersebut sudah lolos uji BPOM. Meskipun facial wash hanya kamu gunakan beberapa menit saja. Tapi tetap lho, bahaya iritasi dan juga kanker kulit bisa mengancam bila kamu memilih sabun cuci muka sembarangan.



Maka dari itu, pilihlah produk dengan kandungan yang terbebas dari bahan berbahaya seperti hydroquinone, paraben dan juga alkohol. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari juga sabun cuci muka dengan kandungan parfum dan pewarna.

 

2. Patch Test

 

Langkah sederhana lainnya adalah dengan melakukan uji coba sendiri pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan sabun cuci muka pada area belakang telinga. Kemudian lihatlah reaksinya dalam 5 menit ke depan. Bila timbul rasa gatal dan panas sebaiknya segera kamu hentikan pemakaian sabun cuci muka tersebut.

 

3. Memilih Sabun Muka Berdasarkan Kebutuhan

 

Tak semua orang bisa cocok dengan sabun muka tertentu. Sebab, kulit memiliki tipe dan kondisi yang berbeda-beda. Untuk itu, cobalah kenali kebutuhan kulitmu. Apakah wajah kamu termasuk wajah dengan kulit kering yang membutuhkan kelembaban. Atau kulit wajah kamu berminyak dan berjerawat sehingga membutuhkan produk sabun cuci muka yang mampu mengontrol kadar minyak.

 

Memakai sabun cuci muka yang bertolak belakang dengan kebutuhan kulit malah akan membuat kondisinya semakin memburuk. Hal ini pun bisa menyebabkan skin barrier wajah semakin rusak dan menimbulkan bruntusan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu ya produk face wash mana yang cocok buatmu.

 

4. Mencuci Muka Tak Lebih dari 5 Menit

 

Mungkin jarang kamu ketahui, namun beberapa influencer di media sosial sering merekomendasikan untuk mencuci muka dengan waktu yang lama. Menurut berbagai sumber, hal ini malah akan membuat kulit semakin kehilangan minyak alami. Di mana minyak alami itu berfungsi untuk menjaga kelembaban dan skin barrier kulit. 


Apabila kamu mencuci muka terlalu lama, hal ini juga dapat memicu kulit semakin kering hingga reaksi kemerahan. Sebaiknya gunakanlah sabun cuci muka dengan waktu yang pas. Tak perlu mendiamkannya hingga 5 menit lamanya. Karena sabun cuci muka bisa bekerja dengan baik begitu kamu mengoleskannya ke area kulit wajah.


Nah, itulah dia tips berganti sabun muka dengan benar agar kulit wajahmu tetap sehat dan terhindar dari purging. Sebagai tips tambahan, saat kamu selesai mencuci muka. 


Usahakan mengeringkan muka dengan menggunakan handuk khusus atau boleh menggunakan tisu. Keringkanlah kulit wajah dengan menggosok secara halus agar kulit tak iritasi. Semoga ulasan di atas membantu kamu ya!