Kenali Perbedaan Toner Dan Micellar Water

27 Oktober 2022 - Bella
Share

Bila kamu seorang pemula dan sedang kebingungan mengikuti perkembangan dunia kecantikan. Pasti kamu terkadang masih bingung apa saja perbedaan dari toner dan micellar water. Meskipun keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah. Namun, keduanya memiliki perbedaan lho. Simak yuk ulasan perbedaan toner dan micellar water berikut ini agar kamu tak salah menggunakannya!

 

Apa Itu Toner?

 

Toner merupakan produk skincare yang bertekstur seperti cairan ringan. Fungsi dari toner itu sendiri pada dasarnya adalah untuk membantu membersihkan sisa kotoran, menjaga pH wajah serta mengontrol produksi minyak. Namun lebih dari itu, toner pun juga dibedakan berdasarkan jenis kulit. Seperti toner untuk kulit kering dan sensitif, toner untuk kulit kombinasi dan berminyak hingga toner wajah untuk kulit normal.

 

Fungsi Toner

 

Kandungan dalam sebotol toner memang lebih lengkap dan juga lebih efektif untuk menjaga kecantikan kulit. Selain itu, kemampuan toner lainya adalah mampu menutrisi kulit dan membantu penyerapan skincare setelahnya lebih maksimal. Toner pun mampu membuka pori-pori kulit untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk sehingga kulit lebih cerah. Berbagai manfaat toner lainnya diantaranya adalah:

 

1. Membantu mengontrol produksi sebum 

2. Mencegah timbulnya jerawat

3. Melembabkan kulit kering

4. Menenangkan kulit dari iritasi

5. Meremajakan kulit dan mencegah efek radikal bebas

6. Membantu membersihkan kotoran 

7. Mengangkat sisa minyak

8. Menyeimbangkan pH kulit setelah memakai sabun wajah

9. Melembutkan tekstur kulit

 

Cara Menggunakan Toner

 

Untuk cara pemakaian toner, dianjurkan digunakan setiap hari setelah kamu mencuci muka. Toner boleh digunakan pada pagi dan malam hari. Akan tetapi untuk jenis toner dengan bahan exfoliator sebaiknya kamu gunakan pada malam hari saja ya. Hal ini untuk menghindari adanya iritasi yang ditimbulkan karena terkena sinar matahari.

 

Cara mengaplikasikan toner bisa langsung menggunakan tangan lalu diusap di wajah atau dengan menggunakan bantuan kapas tipis. 

 

Apa Itu Micellar Water?

 

Micellar water adalah cairan pembersih wajah yang dapat membantu untuk menghilangkan kotoran serta make up yang menempel. Keunggulan micellar water dari produk pembersih wajah lainnya adalah ia memiliki kandungan yang ringan, formulasi lembut dan juga mampu melembabkan kulit. Hal ini karena di dalamnya mengandung surfaktan ringan yang dapat menarik kotoran dan minyak di wajah. 



Selain itu, micellar water juga menggunakan perpaduan air murni dan gliserin sehingga membantu melembabkan wajah setelah penggunaan. Produk satu ini pun juga cocok untuk semua jenis kulit karena bebas dari alkohol, astringent, sabun serta paraben yang tak baik untuk kulit sensitif.
 

Manfaat Micellar Water

 

Kekuatan micellar water dalam menarik kotoran di wajah serta sebum yang biasanya terperangkap dalam pori-pori kulit tak boleh diragukan. Micellar water pun juga dapat membersihkan make up dengan satu kali usap tanpa membuatnya terasa kesat dan kering. Berikut ini adalah manfaat micellar water lainnya yang bisa kamu dapatkan: 

 

1. Menghapus minyak dan make up di wajah

2. Mampu mengangkat maskara waterproof

3. Menghidrasi kulit

4. Membersihkan minyak

5. Melembutkan dan menenangkan kulit

6. Membersihkan make up lebih cepat 


 

Cara Menggunakan Micellar Water

 

Micellar water bisa kamu gunakan saat kamu hendak menghapus make up yang menempel. Selain itu, kamu pun juga bisa menggunakannya sebelum mencuci wajah ya. Untuk penggunaan micellar water sendiri boleh digunakan pada pagi dan malam hari dengan catatan memakai dengan jumlah secukupnya saja dengan bantuan kapas wajah.

 

Nah itulah dia perbedaan antara toner dan micellar water yang harus kamu ketahui. Sebaiknya, pilihlah jenis toner maupun micellar water sesuai dengan kebutuhan kamu agar mengoptimalkan hasilnya pada kulit.