Inilah Perbedaan Facial Wash Dan Facial Foam, Jangan Salah Pilih!

04 Oktober 2022 - Bella
Share

Rutinitas harian kamu tak akan lengkap rasanya jika melewatkan kegiatan membersihkan muka dengan menggunakan facial wash maupun facial foam. Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membersihkan kotoran pada wajah. Ternyata facial wash dan facial foam memiliki perbedaan lho. Karena sebenarnya kedua produk ini diciptakan dengan fungsi dan manfaat yang berbeda. Kira-kira apa sih perbedaan di antara keduanya? Simak yuk artikel berikut ini.

 

Facial Foam

 

Seperti namanya, facial foam adalah sabun pembersih wajah yang dapat menghasilkan busa berlimpah. Nah, busa inilah yang nantinya dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kulit dan pori-pori kulit wajah kamu. Selain itu, busa pada facial foam juga mampu mengangkat sel kulit mati hingga mengatur kadar minyak berlebih pada wajah. 

 

Untuk teksturnya sendiri, facial foam juga terasa lebih lembut dan cocok untuk kulit sensitif yang mudah iritasi. Fungsi facial foam lainnya adalah dapat mengurangi permasalahan pada kulit yang berjerawat. Sebab sifatnya yang gentle namun juga mampu membersihkan bakteri dan sel kulit mati penyebab jerawat.
 

Cara Penggunaan Facial Foam

 

Kalau kamu perhatikan, facial foam akan terasa lebih praktis karena kamu langsung bisa menggunakannya ke wajah. Facial foam pun juga memberikan sensasi pemakaian yang lebih menyenangkan berkat foam yang lembut dan kenyal. Agar pemakaian produk facial foam kamu lebih maksimal, berikut ini adalah cara menggunakan facial foam dengan benar: 
 

1. Basahi tangan dan area muka dengan air bersih yang mengalir

2. Tekan atau ambil facial foam secukupnya, bisa menggunakan dua pump saja

3. Oleskan facial foam ke area wajah secara perlahan dan gosok dengan gerakan memutar

4. Ratakan dan oleskan hingga area dahi dan leher

5. Bila sudah, basahi dengan menggunakan air mengalir

6. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk atau tissue bersih
 

Facial Wash

 

Produk pembersih wajah facial wash sangat mudah ditemukan di berbagai rak toko kosmetik. Jenisnya pun beragam, mulai dari facial wash untuk kulit berminyak, kering hingga berjerawat. Namun, yang membedakannya dari facial foam adalah pilihan tekstur yang ia punyai. Facial wash bisa berbentuk seperti sabun batang, cairan, gel hingga krim lho. Akan tetapi fungsinya pun tetap sama yaitu untuk membersihkan pori-pori wajah dari kotoran dan menjaganya agar tetap bersih, segar dan lembab. 

 

Cara penggunaan Facial Wash

 

Meskipun facial wash memiliki berbagai jenis tekstur atau bentuk. Facial wash sebenarnya memiliki cara penggunaan yang hampir sama. 

 

1. Basahi tangan dan area wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air mengalir

2. Ambil facial wash secukupnya pada telapak tangan

3. Berikan sedikit air dan usap hingga menimbulkan busa

4. Oleskan busa yang dihasilkan tersebut pada wajah secara merata

5. Diamkan selama 2-3 menit untuk hasil yang maksimal

6. Basuh wajah dengan menggunakan air mengalir dan keringkan
 

Kedua jenis pembersih muka ini, bisa digunakan saat malam dan pagi hari. Namun, bagi kamu pemilik wajah berminyak disarankan tidak terlalu sering mencuci muka. Cukup bersihkan wajah dengan menggunakan facial foam maupun facial wash dua kali sehari agar sebum kulit tetap terjaga. Selain itu, selalu gunakan toner wajah yang mampu mengatur kadar PH dan melembabkan kulit setelah pemakaian keduanya. Semoga artikel perbedaan facial wash dan facial foam di atas membantu kamu yang sedang bingung memilih produk pembersih wajah!