Cara Merawat Eyelash Extension Agar Tetap Awet

26 Desember 2022 - Bella
Share

Riasan bulu mata palsu seperti eyelash extension membutuhkan perawatan khusus agar membuatnya lebih lama bertahan. Berbeda dengan pemakaian maskara atau bulu mata palsu biasa, memakai eyelash extension memang akan membuat tampilan bulu mata kamu lebih tebal, lentik dan juga lebih natural. Kamu pun juga tak perlu repot-repot menghapus, membersihkan serta menempel bulu mata setiap kalinya, Dengan eyelash extension, tampilan mata akan terlihat indah setiap waktunya.

 

Namun, tentu kamu harus merawat eyelash extension kamu agar tidak cepat rontok dan merusak bulu mata asli. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak artikel di bawah ini!

 

Apa itu Eyelash Extension?

 

Pada dasarnya, eyelash adalah istilah yang digunakan untuk penyebutan perawatan bulu mata. Seperti penggunaan bulu mata palsu, mewarnai bulu mata hingga melentikkan bulu mata. Ada beberapa treatment yang masuk ke dalam kategori eyelash ini. Jadi kamu harus tahu dengan betul apa saja perbedaannya. 

 

Salah satu treatment eyelash yang terkenal adalah eyelash extension yaitu sebuah metode pemasangan bulu mata sintetis dengan cara menempelkannya di bulu mata asli dengan bantuan lem. Fungsinya adalah untuk menambah volume bulu mata serta panjang bulu mata. Untuk jenis panjang, ketebalan dan warna kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan keinginan kamu. 

 

Cara Merawat Eyelash Extension

 

Eyelash extensions tidak bersifat permanen, sebab lem yang digunakan akan berangsur-angsur kering dan terkikis seiring waktu. Jadi bulu mata palsu ini kemudian akan rontok. Namun, kamu bisa lho membuat extension bulu mata ini lebih tahan lama. Yuk, intip bagaimana caranya.

 

1. Hindari Air Selama 2 hari

 

Lem bulu mata membutuhkan waktu untuk merekat dengan sempurna ke batang bulu mata asli kamu. Oleh sebab itu, hindari terkena air selama 2 hari agar memastikan lem bulu mata pada setiap sisinya sudah menempel dengan sempurna. 

 

Sebagai tips, kamu menggunakan kacamata renang saat mandi. Gunanya agar air tidak mengenai area kelopak mata. Pada sebagian orang, mandi dengan menggunakan kacamata renang ini masih tetap dilakukan selama beberapa hari dan berhasil membuat eyelash extension lebih awet. 

 

2. Menghindari Produk Berbasis Minyak

 

Lem akan mudah terurai jika bertemu dengan bahan minyak. Sebab molekul minyak akan memecah kekuatan lem dan membuatnya mudah mengelupas. Sebaiknya, gunakan produk pembersih wajah hingga skincare berbahan dasar selain minyak. Contohnya, kamu bisa memilih micellar water daripada menggunakan cleansing oil. 
 

3. Tidak Menjepit Bulu Mata 

 

Bulu mata yang telah mengalami proses extensions tidak perlu dijepit lagi agar lentik. Sifat bulu mata palsu tidak sama dengan bulu mata asli kamu. Ia lebih kaku dan juga gampang patah. Oleh sebab itu, hindari menjepit bulu mata karena beresiko membuatnya cepat rontok dan menghasilkan bentuk patahan aneh,

 

4. Sisir Bulu Mata

 

Menyisir rajin bulu-bulu eyelash extensions dengan spoolie khusus dapat membuatnya terlihatnya lebih rapi. Selain itu, juga mencegah kerontokan eyelash extensions terjadi. Sisirlah bulu mata kamu secara rutin, seperti sesaat sebelum tidur dan setelah mandi.

 

5. Hindari Menggosok dan Mencabut Bulu Mata
 

Rasa gatal atau berat pada bulu mata wajar rasanya terjadi. Alih-alih menggosok area mata atau malah mencabut bulu mata kamu. Sebaiknya sisir saja bulu extensions dengan spoolie brush yang ada. Mencabut bulu mata tak hanya akan merusak tampilan eyelash extensions kamu. Melainkan juga membuat bulu mata asli kamu tercabut dan malah terjadi kebotakan.

 

Itulah dia bagaimana cara merawat eyelash extensions yang direkomendasikan oleh ahli kecantikan. Pastikan kamu mengikuti tips di atas ya agar eyelash extensions kamu lebih awet.