Cara Menentukan Undertone, Agar Tak Salah Pilih Foundation

21 Oktober 2022 - Bella
Share

Tak sekadar memilih produk make up dengan ketahanan dan coverage yang bagus. Kamu juga perlu mengetahui apa undertone kulit yang kamu miliki. Sebab pemilihan warna yang salah akan menimbulkan hasil akhir yang tak menyatu dengan kulit asli dan make up kamu malah terkesan tak natural. Contoh saja saat kamu memilih warna foundation untuk wajah. Pilih warna foundation  yang tepat agar foundation tersebut bisa memberikan warna yang pas seperti warna kulit asli dan tak menimbulkan kesan belang dengan leher.

 

Untuk membantu kamu menentukan undertone kulit. Berikut ini kami akan coba jabarkan cara menentukan undertone kulit dengan mudah. Simak yuk!
 

Apa Itu Undertone Kulit?
 


 

Meskipun tak gampang terlihat dan sedikit tricky menentukan undertone kulit. Kita harus pelajari terlebih dahulu apa definisi dari undertone itu sendiri. Pasalnya banyak orang yang salah menganggap jika undertone kulit sama dengan skin tone kulit. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Skin tone adalah warna kulit yang bisa langsung kita identifikasi secara langsung dengan melihatnya. 


Skin tone juga bisa dimaksud dengan warna dari permukaan kulit. Warna dari skin tone ini pun juga sangat mudah berubah tergantung dari aktivitas yang kamu kerjakan. Contohnya jika kamu beraktifitas diluar ruangan maka skin tone kamu akan cepat menggelap. Begitu pula sebaliknya jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di indoor.

 

Berbeda dari skin tone, undertone kulit adalah warna dasar kulit yang tak kasat bisa dilihat dengan mata. Undertone juga dipengaruhi oleh gen dan kadar melanin dalam kulit tubuh. Secara garis besar, undertone dibagi kedalam tiga jenis yaitu warm, cool dan neutral. Undertone kulit pun tidak bisa berubah dengan cepat meskipun kamu beraktifitas di luar ruangan dalam jangka waktu lama sekalipun.
 

Cara Tahu Undertone Kulit
 

Melihat Pembuluh Darah di Pergelangan Tangan
 

Cara mengetahui undertone kulit paling mudah dan tepat bisa kamu lakukan dengan cara melihat warna pembuluh darah atau urat nadi di pergelangan tangan kamu. Coba perhatikan urat di area pergelangan tangan di bawah sinar matahari atau cahaya terang. 

 

Bila warna pembuluh darah cenderung hijau, maka artinya kamu memiliki undertone kulit warm. Sedangkan bila terlihat dominan warna pembuluh darah biru dengan sedikit keunguan. Maka artinya kamu memiliki undertone kulit cool. 

 

Nah untuk neutral tone, biasanya memang memiliki perpaduan warna urat nadi dari ketiganya. Yaitu campuran warna hijau, biru dan ungu.
 

Membandingkan Warna Perhiasan yang Cocok di Kulit

Source : Adobe


Hal sederhana lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan mencoba membandingkan kecocokan kulit dengan berbagai warna perhiasan. Cukup sederhana caranya, bila kulit kamu terlihat pas saat mengenakan perhiasan perak. Maka kamu memiliki undertone cool, sedangkan jika kamu menyukai perhiasan berwarna emas maka kamu memiliki undertone kulit warm yang sangat cocok dengan warna menyala keemasan.
 

Melihat Warna Pakaian yang Cocok

 

Saat kamu sedang belanja, coba perhatikan warna baju apa yang cocok dengan kulit kamu. Umumnya warna yang terasa cocok akan membuat tampilan kulit menjadi lebih cerah. Sebagai tips, bila kamu sudah mengetahui undertone kulit sendiri. Pilihlah warna earth tone seperti hijau, coklat, nude untuk pemilik kulit warm undertone. Sedangkan untuk pemilik cool undertone, kamu bisa memilih warna gelap seperti ungu, biru dan hijau emerald.

 

Itulah dia cara menentukan undertone kulit yang bisa kamu lakukan sendiri. Semoga artikel di atas membantu kamu ya!