Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Tanpa Garis Hitam

04 November 2022 - Bella
Share

Garis hitam pada area tepi bibir kadang akan mengganggu tampilan cantikmu. Sebab, bibir merah merona kerap kali menjadi pertanda kecantikan dan kesehatan bibir. Maka dari itu, kulit bibir kehitaman biasa menjadi pertanda bahwa bibir kamu memerlukan perawatan. Warna merah pada bibir ini sebenarnya secara alami dapat dimunculkan oleh tubuh. Sebab kulit bibir memiliki sel melanosit yang lebih sedikit daripada bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, rangkaian pembuluh darah berwarna merah itu akan terlihat lewat kulit bibir. Namun, bila kamu memiliki bibir yang tak dirawat dengan baik. Hal ini akan membuatnya menjadi kasar, kering, kusam dan berubah menjadi berwarna hitam. Untuk itu, ikuti cara memerahkan bibir secara alami berikut ini: 

 

Eksfoliasi dengan Scrub

 

Dengan membuang kulit bibir yang terkelupas setiap harinya dapat membantu bibir menjadi merah. Cobalah untuk membuat scrub bibir dengan bahan-bahan alami yang kamu temukan di dapur. Kamu bisa mencampurkan setengah sendok teh gula dengan madu. Kemudian mengoleskannya di bibir dan menggosoknya secara perlahan. Diamkan hingga 5 menit kemudian lap dengan handuk atau basuh dengan air. 

 

Cara ini akan membantu kulit kering serta kulit hitam pada bibir terkelupas dengan mudah. Kulit bibir akan terasa lebih lembut dan lembab. Jangan lupa setelah scrub bibir gunakan lip balm ya.

 

Menghindari Merokok

 

Salah satu efek samping dari merokok adalah dapat membuat bibir menjadi hitam. Zat pada kandungan rokok dapat membuat produksi melanin lebih tinggi sehingga bibir jadi lebih mudah menghitam. Oleh karena itu, cobalah menghentikan kebiasaan merokok ya.

 

Minyak Zaitun

 

Kandungan kaya manfaat pada minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan sebagai pemberi nutrisi pada bibir. Minyak zaitun dapat membantu bibir menjadi lebih lembab dan juga segar. sekaligus memerahkan bibir. Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun murni pada area bibir kemudian mendiamkannya. Kamu juga bisa membawanya tidur sebagai sleeping lip mask.

 

Minyak Peppermint 

 

Kandungan menthol pada minyak peppermint dapat memberikan berbagai manfaat positif pada bibir. Hal ini karena mentol dapat membantu melebarkan pembuluh darah saat dioleskan. Sehingga bibir akan terlihat memerah. Namun, minyak peppermint ini tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki bibir kering ya. Sebab sifat dari peppermint itu sendiri yang membuat kulit menjadi kering.

 

Melembabkan Bibir dengan Madu 

 

Semakin terjaganya kelembaban bibir kamu, maka akan semakin kecil kemungkinan sel kulit menumpuk yang menyebabkan bibir hitam muncul. Oleh sebab itu, pastika n kelembaban bibir tetap terjaga dengan mengoleskan pelembab alami seperti madu. Dianjurkan kamu memilih madu murni atau madu hutan yang tak ada kandungan gula atau perasa tambahan. 

 

Alternatif lainnya bila kamu tak ada madu di rumah, adalah dengan menggunakan bahan dapur seperti minyak kelapa, cocoa butter hingga petroleum jelly. 

 

Nah itulah dia berbagai cara untuk memerahkan bibir secara alami dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan. Selain rutin menjaga kelembaban bibir, kamu juga harus menjaga kesehatan bibir dari dalam. Caranya dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin hingga rutin minum air putih.

 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lip serum dengan kandungan vitamin e dan olive oil setiap hari. Memilih kosmetik pewarna bibir yang mengandung proteksi sinar UV juga dapat membantu mencegah garis hitam pada bibir semakin nampak.