Bolehkah Memakai Sunscreen Tanpa Pelembab? Apa Kata Dokter Dermatologis?

30 September 2022 - Bella
Share

Berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, flek-flek kecoklatan, keriput dan garis halus di area wajah akan muncul bila kamu tak memakai sunscreen. Sebab sunscreen itu sendiri berguna untuk melindungi wajah dari dampak negatif sinar uv yang disebutkan di atas. Oleh karenanya, wajib hukumnya bagi kamu untuk tetap memakai sunscreen apapun keadaannya. Namun, bolehkah memakai sunscreen tanpa pelembab? 

 

Perbedaan Fungsi Pelembab dan Sunscreen 

 

Sifat dan kebutuhan kulit masing-masing orang tentulah sangat berbeda, karenanya kamu perlu memahami bagaimana kondisi kulit kamu. Serta menghindari kandungan-kandungan yang tidak sesuai agar tidak menimbulkan reaksi iritasi di kulit seperti kemerahan. 



Pelembab adalah krim kosmetik yang berfungsi untuk melembabkan, menutrisi serta memperbaiki skin barrier kulit wajah. Produk ini biasanya mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan agar kulit wajah tetap cantik dan sehat. Seperti vitamin A, vitamin B5,  Vitamin C dan Vitamin E yang bermanfaat untuk mencerahkan, mengencangkan, melembabkan dan melindungi kulit dari kerusakan. Untuk urutannya sendiri, biasanya pelembab digunakan setelah toner dan serum wajah. 
 

Sedangkan fungsi dari sunscreen itu sendiri adalah untuk meminimalisir efek negatif paparan sinar matahari secara langsung ke wajah. Untuk perlindungan optimal gunakan sunscreen dengan minimal SPF diatas 30 sebelum beraktifitas. Beri jeda pemakaian sekitar 15 menit hingga 30 menit agar sunscreen bisa bekerja. Sunscreen tidak bisa melembabkan kulit secara optimal seperti pelembab. Sehingga, bila kamu memiliki kulit kering dan rawan sensitif. Sangat disarankan untuk menggunakan pelembab ya. 

 

Efek Memakai Sunscreen Tanpa Pelembab 

 

Sebenarnya bila kamu memakai sunscreen tanpa pelembab sah-sah saja. Akan tetapi hal ini tidak akan membuat kulit kamu ternutrisi dengan sempurna. Ingatlah jika semakin ternutrisi kulit kamu, maka ia akan tampak lebih sehat dan plumpy. Mengkombinasikan pelembab dan juga sunscreen tak hanya memberikan proteksi ganda dari berbagai kerusakan saja. Kedua produk ini mampu mengunci kelembaban sekaligus menjadikan tampilan make up kamu lebih sempurna. 



Pastinya kamu tak mau dong jika wajah kamu terlihat kemerahan, kering dan make crack di sana-sini karena tak memakai kedua atau bahkan salah satu produk ini? Meskipun di beberapa produk pelembab saat ini sudah mengandung UVA/UVB yang dapat menangkal sinar matahari berlebih. Akan tetapi proteksinya tidak akan sesempurna sunscreen yang sudah melewati berbagai uji klinis. 
 

Dilansir dari sumber berbagai dokter juga menyarankan untuk menggunakan rangkaian moisturizer, sunscreen dan serum wajah secara lengkap guna kesehatan kulit. Namun, bila kamu memiliki kondisi kulit tertentu maka bisa disesuaikan ya. Asal dengan anjuran dari dokter kulit spesialis. 

 

Tips Menjaga Kesehatan Kulit 

 

Agar kulit kamu makin sehat dan cerah, dokter juga menyarankan agar melakukan perawatan lainnya. Seperti contohnya sebagai berikut : 

 

1. Mencuci muka dua hari sekali untuk mengatur kadar minyak dan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit terluar.

 

2. Gunakan rangkaian toner dan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Pilih dan kombinasikan dua bahan aktif yang aman. Hindari mencampurkan kandungan bahan aktif yang sifatnya bertolak belakang seperti retinol dengan vitamin C.

 

3. Memakai sunscreen setiap hari dan rajin re-apply

 

4. Minum air putih dan makan makanan sehat bervitamin

 

5. Tidur yang cukup 


Itulah dia ulasan lengkap dari fungsi sunscreen dengan pelembab. Setelah membaca artikel di atas, kamu sudah tak bingung lagi kan apakah tetap memakai sunscreen dengan pelembab atau tidak?