4 Bahaya Bedak Bayi Untuk Remaja

25 September 2022 - Bella
Share


Source : Freepik.com


Bedak bayi memang memiliki wangi segar dan tekstur lembut yang membuat semua orang jatuh cinta padanya. Namun, dibalik itu semua produk yang memang dikhususkan penggunaannya untuk bayi ini ternyata tidak bagus untuk kulit orang dewasa. Karena meskipun penggunaannya termasuk praktis dan ringan di wajah. Berbagai permasalah kulit bisa muncul jika kamu menggunakannya secara terus-menerus Simak apa saja bahaya bedak bayi untuk remaja yang perlu kamu ketahui dalam artikel berikut ini!

 

Menyumbat Pori

 

Tahukah kamu jika butiran bedak bayi cukup kecil sehingga dapat menyebabkan pori tersumbat? Ya, bedak bayi memang memiliki tekstur ringan dan sangat lembut jika disentuh. Sehingga dapat memberikan kesan natural saat digunakan di wajah. Namun apa daya. jika kelebihannya ini malah dapat memberikan efek negatif pada kulit orang dewasa berupa penyumbatan pori. Salah-salah malah membuat tekstur kulit kamu menjadi kasar dan memicu breakout.

 

Memicu Jerawat dan Komedo Muncul

 

Kalau kamu perhatikan, kandungan bedak tabur bayi pasti memiliki dua kandungan wajib. Yaitu magnesium carbonate dan zinc oxide. Kedua kandungan ini memiliki fungsi untuk menyerap keringat bayi secara maksimal serta mencegah terjadi ruam biang keringat. Meskipun begitu, kandungan ini sebenarnya harus dihindari untuk kulit orang dewasa. Karena dapat memicu permasalahan kulit wajah seperti memicu penyumbatan yang menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. 
 

Bila kamu sedang memiliki jerawat di kulit wajah, sebaiknya hindari menggunakan bedak bayi ya. Karena hal ini justru akan memperlambat proses penyembuhannya. Sebaiknya gunakan saja bedak tabur khusus dewasa yang non-comedogenic dan memiliki formulasi yang pas. Sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. 


Memicu Munculnya Keriput

 

Masih beranggapan jika dengan memakai bedak bayi kulit kamu bisa terlihat lebih sehat dan juga awet muda? Fakta ini akan membuat kamu mengurungkannya. Bahwasanya salah satu efek negatif dari penggunaan bedak bayi ini dapat membuat kulit kamu cepat keriput. Di dalam bedak bayi terdapat bahan aktif berupa zinc yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Bila kulit kamu kering secara terus-menerus dan kurang kelembaban pada lapisan terluarnya. Maka hal ini akan membuatnya cepat keriput dengan memunculkan garis-garis halus pada kulit. Jadi sebaiknya kamu hindari saja ya. 


Ada Kandungan Parfum 

 

Kandungan parfum pada skincare mungkin bisa menenangkan dan memberikan efek menyenangkan.Namun, efek wangi inilah yang menjadi cikal bakal masalah. Terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif dan rawan kemerahan. Pewangi pada bedak bayi ini dapat memicu kekeringan dan memancing reaksi iritasi pada kulit sensitif. Meskipun ada beberapa produk bedak bayi yang digadang-gadang tak memiliki kandungan parfum. Sebaiknya kamu tetap hindari saja ya, lebih baik pilihlah produk bedak tabur dewasa dengan kandungan non parfum di dalamnya.

 

Nah, itulah dia berbagai bahaya bedak bayi untuk remaja hingga orang dewasa yang harus kamu ketahui. Sebagai tips, kamu bisa mencoba menggunakan loose powder hingga compact powder dengan formulasi ringan yang kini berada di pasaran.