Suka Make Up? Ini Dia Tutorial Cara Melepas Eyelash Dengan Aman

27 September 2022 - Bella
Share

Sumber : Freepik
 

Penggunaan eyelash memang menjadi sebuah keharusan, terutama bila kamu sedang make-up di kala acara formal. Namun, seiring berkembangnya jaman saat ini banyak sekali salon kecantikan yang bisa menawarkan eyelash extension. Hal ini jauh dirasa lebih praktis karena kamu tak perlu memasang dan mencopot bulu mata palsu lagi. Namun, pemasangan dan pelepasan eyelash extensions ini juga harus berhati-hati ya. Sebab jika kamu salah melakukannya akan mengakibatkan bulu mata menjadi rontok. Ikuti tutorial berikut ini bagaimana cara melepas eyelash dengan aman tanpa rontok.

 

Persiapkan Alat Dan Bahan

 

Menghilangkan eyelash extensions yang menempel haruslah menggunakan alat dan bahan yang tepat. Tak boleh asal menggunakan tangan saja. Siapkan bahan dan peralatan seperti spoilee brush, glue remover, minyak zaitun, kapas wajah, cotton bud. Satu buah mangkuk dan air hangat secukupnya.

 

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

 

Sebelum proses pembersihan bulu extensions yang menempel, pastikan area wajah terutama sekitar mata sudah bersih dari kotoran. Kamu bisa menggunakan micellar water kemudian facial foam yang kamu gunakan sehari-hari untuk membantu membersihkan kotoran seperti debu dan make up yang masih menempel. Dengan cara ini proses pelepasan extensions bulu mata akan jauh lebih steril. 

 

Uap Dari Air Hangat

 

Cara yang  dapat membantu melepaskan eyelash extension lebih cepat dan efektif selanjutnya adalah dengan memberikan uap panas. Uap hangat akan membantu menenangkan area mata agar otot lebih rileks serta memberikan kelembaban pada area akar dan batang bulu mata. Sehingga dengan uap yang menempel inilah lem-lem yang menempel bisa lebih lunak dan mudah untuk dilepaskan. 



Cara penguapan air hangat ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu persiapkan air hangat dalam wadah mangkok. Kemudian dekatkan wajah pada mangkuk berisi air hangat tersebut selama 5-10 menit. Cara ini ni akan membantu percepatan proses pelepasan lem pada bulu mata. 

 

Menghilangkan lem eyelash extension

 

Langkah satu ini memang sebaiknya memerlukan bantuan orang lain. Pelepasan lem bulu mata bisa dilakukan dengan cara mengoleskan glue remover atau minyak zaitun secara perlahan. Usap dan oleskan bahan tersebut secara perlahan. Kemudian diamkan hingga 5 menit. Setelah itu cobalah lepaskan eyelash extensions dengan menggunakan pinset secara perlahan.
 

Menyisir bulu mata dengan spoolie brush

 

Apabila semua bulu mata extensions telah tercabut. Langkah selanjutnya adalah menyisirnya dengan menggunakan spoolie brush untuk memastikan tak ada lagi extensions yang tersisa. Setelahnya kamu bisa mencuci wajah kembali dengan menggunakan facial foam.
 

Merawat area mata

 

Setelah penggunaan extensions dan pelepasannya, hindari terlebih dahulu memasang extensions bulu mata selama beberapa hari ke depan. Berikan jeda pada bulu mata kamu dengan proses pemasangan bulu mata yang mengandung bahan kimia. Disarankan untuk mengompres area mata dengan es batu atau timun untuk efek relaksasi. Selain itu, untuk memperkuat akar bulu mata. Kamu bisa mengoleskan serum bulu mata yang mengandung biotin yang bisa memanjangkan sekaligus memperkuat. Jadi kerontokan bulu mata pasca eyelash remover bisa terhindarkan.
 

Nah, itulah dia tutorial cara melepas eyelash yang bisa kamu coba di rumah. Meskipun begitu, bila kamu merasa eyelash kamu sulit untuk dilepas sendiri. Ada baiknya jika kamu meminta bantuan orang profesional guna mencegah kerontokan pasca pelepasan eyelash. Semoga artikel di atas membantu kamu ya!