Penyebab Dan Cara Menghilangkan Stretch Mark

02 November 2022 - Bella
Share

Stretch Mark merupakan guratan pada permukaan kulit berbentuk garis-garis halu dari jaringan parut. Biasanya stretch mark terbentuk saat kulit tertarik oleh pertumbuhan jaringan yang cepat. Meskipun kulit memiliki sifat elastis, namun saat produksi kolagen terganggu dan menyebabkan jaringan parut terluka. Maka saat itulah stretch mark bisa muncul.

 

Biasanya memang, stretch mark akan lebih kerap dialami oleh ibu hamil karena perkembangan janin yang membuat perut membesar. Namun, tak jarang jika stretch mark muncul pada remaja hingga orang dewasa yang belum hamil. Sebenarnya apa sih penyebab stretch mark? dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak artikel di bawah ini!

 

Apa Itu Stretch Mark?

 

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara penanganan stretch mark, mari kita pahami dulu apa itu stretch mark. Stretch mark adalah guratan berwarna putih yang biasanya muncul pada area pangkal paha, bawah perut hingga lengan. Pada area tersebut biasanya memang tersimpan lemak lebih banyak dan juga pertumbuhan jaringan kulit yang lebih cepat.

 

Apa Penyebab Stretch Mark?

 

Berbagai faktor dapat mempengaruhi kemunculan stretch mark pada tubuh. Seperti misalnya kadar hormon kortisol yang terganggu. Sehingga elastisitas serat kulit berkurang hingga faktor genetik bawaan. Oleh sebab itu, stretch mark biasanya juga dialami oleh kaum laki-laki. Secara garis besar penyebab stretch mark adalah : 

 

1. Kelebihan berat badan hingga obesitas

2. Berkurangnya berat badan secara drastis

3. Penggunaan krim body care dengan kandungan kortikosteroid

4. Genetik bawaan orang tua

5. Penderita sindrom cushing

6. Penderita sindrom marfan

 

Cara Menghilangkan Stretch Mark

 

Kemunculan stretch mark pada kulit sebenarnya memang wajar terjadi. Jadi hal ini sebenarnya tak usah kamu cemaskan sebab ia akan menghilang dengan sendirinya. Namun, bila kamu merasa strechmark ini mengganggu penampilan kamu. Cobalah untuk mengikuti cara di bawah ini. 

 

Menggunakan Body Care Retinoid

 

Retinoid memang sudah terkenal berkat manfaatnya dalam menjaga kulit dari penuaan dini. Bahan aktif retinoid juga dapat membantu produksi kolagen pada kulit meningkat. Sehingga kekenyalan kulit terjaga dan stretch mark tidak muncul. Kamu bisa menggunakan aneka produk dengan bahan aktif utama retinoid. Oleskan pada area stretch mark secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
 

Sinar Laser

 

Kalau kamu menginginkan hasil cepat dan praktis. Nah, kamu bisa menggunakan terapi sinar laser pada berbagai klinik kecantikan. Laser pada stretch mark akan membantu perangsangan kolagen.

 

Ultrasonik Fokus Mikro

 

Terapi ultratherapy dengan menggunakan gelombang ultrasonik juga bisa menjadi alternatif lainnya dalam penyembuhan stretch mark. Cara kerjanya pun juga sama, yaitu dengan merangsang kolagen pada area stretch mark sehingga jaringan ikat kembali merapat.

 

Tindakan Mikrodermabrasi

 

Cara selanjutnya yaitu dengan teknik mikrodermabrasi yakni teknik perawatan kulit yang memakai alat berisi kristal. Prosedurnya pun cukup sederhana, alat ini akan ditiupkan pada area kulit yang memiliki stretch mark dengan harapan dapat merangsang elastisitas kulit.

 

Frekuensi Radio Non Ablatif

 

Cara satu ini juga sangat ampuh dalam membantu menghilangkan stretch mark pada tubuh. Frekuensi radio non ablatif membuat pertumbuhan kolagen kulit lebih cepat. Sehingga kulit lebih kenyal dan stretch mark pun memudar. Namun, tindakan ini memerlukan alat yang cukup canggih dan bisa dilakukan oleh bantuan profesional ya.

 

Itulah dia berbagai penyebab dan cara menghilangkan stretch mark yang harus kamu tahu. Semoga rtike di atas membantu kamu mengatasi masalah stretch mark kamu ya!