Manfaat Bleaching Badan Dan Efek Sampingnya Untuk Kulit

30 September 2022 - Bella
Share

Ramai diperbincangkan di media sosial, bleaching badan merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan tone kulit badan. Trend memutihkan menggunakan bleaching badan awalnya muncul pada awal tahun 2019. Namun, sejak kemunculannya tersebut hampir setiap orang sudah mencobanya. Produk bleaching badan sebenarnya ada bermacam macam. Mulai dari krim pemutih, sabun, pil, hingga terapi laser yang biasa dilakukan oleh terapi medis. Nah, kira-kira apa saja sih manfaat dari bleaching badan ini? Simak yuk!

 

Apa itu Bleaching Badan?


Bleaching Badan adalah cara mencerahkan kulit dengan cara menghilangkan atau mengurangi pigmen warna gelap pada kulit yang munculnya berasal dari sel melanin. Caranya adalah dengan dengan menggunakan cream bleaching. Pada cream bleaching yang digunakan ini biasanya mengandung zat kimia dengan sifat keras dan oksidatif. Contohnya Peroxide, Amonia, Tretinoin, Azelaic Acid dan AHA dengan konsentrasi tinggi agar menghilangkan melanin dengan cepat. 

 

Bleaching Badan Apakah Aman?
 

Berbagai sumber mengatakan jika bleaching badan sebenarnya aman dilakukan bila mengikuti prosedur yang dianjurkan. Namun, tentu saja bleaching badan bisa berbahaya untuk dilakukan bila dikerjakan oleh orang yang bukan ahlinya dan tidak menggunakan produk yang tepat. Penggunaan produk bleaching badan dengan kandungan yang tak aman serta konsentrasi terlalu tinggi dapat memicu kanker atau gangguan kulit lainnya. Seperti kulit iritasi dan gatal kemerahan. 
 

Untuk itu, bila kamu ingin melakukan prosedur bleaching badan. Sangat direkomendasikan datang langsung ke klinik dan dokter kecantikan. Sebab setiap orang memerlukan konsentrasi produk dan durasi pemakaian yang berbeda-beda.

 

Manfaat Bleaching Badan

 

Menggunakan bleaching badan dapat membuat kulit yang memiliki rona warna gelap menjadi lebih putih dan cerah. Waktu bleaching badan ini pun juga relatif singkat. Hanya dalam hitungan menit saja, tone kulit kamu akan jauh lebih cerah. Sangat berbeda saat kamu menggunakan produk pencerah badan seperti lotion hingga sabun mandi dengan arbutin dan licorice.

 

Bleaching badan biasanya memiliki tekstur krim lembut yang mudah untuk dibalur dan dioleskan ke seluruh tubuh. Maka dari itu, produk ini dapat menjangkau seluruh tubuh kamu seperti area ketiak, paha dalam, leher dan juga area gelap lainnya. 



Tak hanya meratakan rona warna kulit dan menaikkannya ke beberapa tingkat saja lho. Bleaching badan juga bisa mengurangi adanya flek hitam pada kulit wajah. Bintik hitam akibat sinar matahari dan bekas noda jerawat akan secara perlahan sirna.

 

Efek Samping Bleaching Badan

 

Meski bleaching badan dapat mencerahkan tubuh kamu dengan cepat. Bukan berarti ia tak memiliki kekurangan mengingat kandungan di dalamnya yang didominasi oleh bahan yang cukup keras. Bleaching badan bisa mengakibatkan efek seperti iritasi pada permukaan kulit, timbulnya rasa alergi gatal, kulit yang berubah kemerahan selama beberapa saat. Hingga kulit yang terasa perih seperti terbakar. Pada kondisi tertentu, jika kamu memiliki kondisi kulit kering. Bleaching badan akan memperparah kondisi skin barrier hingga membuat lapisan kulit mengelupas. 



Efek negatif lainnya juga bisa kamu dapat bila kamu melakukan bleaching badan dengan kadar yang tidak dianjurkan. Beberapa di antaranya akan membuat kulit menjadi bengkak dan melepuh seperti kondisi kulit sehabis terbakar.
 

Nah, itulah dia berbagai manfaat serta efek penggunaan dari bleaching badan. Setelah mengetahui fakta dan manfaat bleaching badan di atas, apakah kamu masih tertarik melakukan bleaching badan sendiri? Komentar di bawah ya!