Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Di Kulit Kepala

23 November 2022 - Bella
Share

Rasa gatal dan residu kulit mati berwarna putih kerap kali menghantui saat rambut berketombe. Meskipun pada dasarnya setiap orang dapat mengalami ketombe dan bisa terobati dengan menggunakan shampo yang tepat. Jangan salah lho, bila kondisi ini kamu biarkan. Justru malah membawa dampak buruk lainnya bagi kulit kepala. Seperti rambut yang berminyak, kerontokan hingga rasa gatal yang menyiksa. Berikut ini adalah berbagai cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu lakukan sedini mungkin sebelum ketombe semakin parah. Simak bagaimana caranya!

 

Penyebab Munculnya Ketombe

 

Ketombe memiliki dua jenis, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Tentu saja, keduanya memiliki penyebab dan ciri yang berbeda. Ketombe kering memiliki ukuran yang cenderung kecil dan berwarna putih. Nah, ketombe jenis ini memang kerap kali ditemui di kulit kepala orang dewasa. Bila sudah parah, ketombe ini akan mengelupas rontok dan jatuh di batang rambut hingga area bahu.
 

Berbeda dengan ketombe kering, ketombe basah biasanya tak akan jatuh. Melainkan akan menempel ke kulit kepala. Ukurannya pun cenderung besar dengan warna kekuningan. Teksturnya seperti minyak yang susah dihilangkan. 
 

Penyebab kulit menjadi berketombe biasanya karena : 
 

1. Kondisi kulit kepala kering

2. Kulit kepala berminyak

3. Jarang keramas

4. Mengidap dermatitis kontak

5. Memakai shampoo yang tak sesuai kebutuhan

6. Mencuci atau membilas rambut yang tak bersih

7. Adanya jamur malassezia

8. Mengidap psoriasis dan eksim

 

Rekomendasi Shampo Anti Ketombe

 

Erhair Scalp Perfect Shampoo

 

Sumber : Erha
 

Keunggulan dari Erhair Scalp Perfect Shampoo yang mengkombinasikan dual poten anti dandruff active berupa Piroctone Olamine & Climbazole mampu menghilangkan ketombe lebih efektif. Selain itu, terdapat pula kandungan seperti green tea ekstrak, lavender oil, aloe vera yang merupakan agen anti inflamasi yang dapat menangkan, mengurangi gatal dan menyeimbangkan kulit. Ada pula D-panthenol yang mampu melembabkan kulit kepala sehingga produksi ketombe kering akan jauh lebih berkurang. 

 

Rasakan rambut yang lebih lembut, gatal yang lebih berkurang dan minyak sebum yang lebih terkontrol setelah penggunaan shampoo ini.
 

Rudy Hadisuwarno Dandruff Solution

 


Source : Rudy Hadisuwarno


Rekomendasi shampo anti ketombe selanjutnya adalah Rudy Hadisuwarno Dandruff Solution yang merupakan brand lokal asal indonesia. Shampo ini dapat membersihkan kulit dari ketombe sekaligus memberikan nutrisi agar membuatnya tetap sehat. Kandungan di dalam nya juga berfungsi mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
 

Kombinasi tea tree oil serta active dandruff solution complex dapat membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal yang mengganggu. Selain itu, shampo ini juga dapat membuat rambut lebih sehat dan bercahaya.

 

SebaMed Shampoo Anti Dandruff

 

Source : Sebamed

 

Shampo anti ketombe yang bebas dengan paraben dan tidak mengandung pewarna, alkohol, silikon dan mineral oil satu ini juga sangat direkomendasikan, bahkan oleh dokter. Sebab bagus untuk kulit kepala kering yang cenderungs ensitif dan tak adan bahan berbahaya penyebab kanker.

 

 Kandungan surfaktan ringan dapat membebaskan rambut dari ketombe. Ada pula bahan aktif piroctone olamine menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Tak hanya mampu membasmi ketombe saja, produk ini juga dapat memberikan kelembaban dan volume pada rambut lho.
 

Itulah dia ulasan lengkap tentang penyebab ketombe dan cara menghilangkan ketombe dengan shampo anti ketombe terbaik. Agar ketombe cepat sembuh, kamu harus selalu mengusahakan untuk mencuci rambut atau keramas rutin seminggu 2-3 kali sesuai kebutuhan. Semoga ulasan di atas membantu kamu ya!