Fungsi Dan Keunggulan Cleansing Oil

04 Januari 2023 - Bella
Share

Membersihkan sisa make up di wajah dengan cleansing oil merupakan sebuah alternatif baik. Terlebih jika kamu sering menggunakan make up waterproof yang susah dibersihkan dengan produk micellar water biasa. Sifat cleansing oil yang mudah menyerap kotoran sekaligus melembabkan juga sangat cocok untuk pemilik kering cenderung sensitif. Sebab ia mampu mengunci kelembaban dan membuat kulit lebih kenyal. 

 

Apa Itu Cleansing Oil?

 

Cleansing oil adalah salah satu produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan make up, sebum, dan kotoran di wajah. Produk skincare pembersih wajah satu ini memiliki bahan dasar minyak yang mampu membersihkan kulit dengan lembut tanpa merusak keseimbangan minyak alami atau sebum pada kulit wajah yang malah membuat kulit semakin kering.

 

Biasanya cleansing oil terbuat dari campuran bahan rosehip oil, minyak zaitun, argan oil, almond, minyak biji anggur dan minyak biji bunga matahari.

 

Keunggulan Cleansing Oil 

 

Fungsi utama cleansing oil memang membersihkan wajah dari make up dan kotoran yang menempel, tapi tak hanya itu saja lho. Ada banyak keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari produk satu ini. Di antaranya seperti : 

 

- Membersihkan Make Up Waterproof

 

Cleansing Oil dapat membersihkan make up waterproof yang menempel kuat pada wajah dan bulu mata. Uniknya, cleansing oil bisa membersihkan dengan hitungan waktu yang lebih cepat dibanding pemakaian micellar water biasa serta tak meninggalkan rasa perih.

 

- Melembabkan Kulit

 

Kandungan minyak dari ekstrak tumbuhan alami berfungsi menjaga kulit tetap lembab dan elastis. Minyak tumbuhan selain mampu menyingkirkan kelebihan minyak juga bertugas sebagai zat hidrasi alami yang baik bagi kulit.

 

- Menghilangkan Minyak

 

Cleanser foam umumnya akan menggunakan SLS sebagai bahan untuk membersihkan kulit dari debu dan minyak. Namun, cleansing oil tak membutuhkan itu. Sebab ia bisa membersihkan wajah dari minyak tanpa memperburuk keseimbangan sebum alami yang masih diperlukan oleh wajah.

 

Cara Menggunakan Cleansing Oil

 

- Pilih Terlebih Dahulu Produk yang Cocok

 

Seperti halnya memilih produk skincare lainnya, pilihlah terlebih dahulu mana cleansing oil yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Bila kamu memiliki kulit kering dan cenderung sensitif. Disarankan agar memilih cleansing oil tanpa kandungan parfum dan pewarna. Sedangkan bila kamu memiliki kulit berjerawat cenderung berkomedo. Pilihlah produk yang sudah non comedogenic ya. 

 

Beberapa produk cleansing oil memiliki kandungan alkohol di dalamnya, jadi pastikan dengan betul komposisi produk sebelum membelinya.

 

- Gunakan Pada First Step Double Cleansing

 

Cleansing oil begitu praktis penggunaannya, karena kamu bisa menggunakannya langsung pada wajah yang kering tanpa bantuan kapas. Caranya oleskan 3-5 tetes cleansing oil ke telapak tangan yang kering. Kemudian balurkan pada seluruh area wajah. Pijat wajah dengan jari secara perlahan dengan gerakan memutar. Pada area mata berikan tekanan halus saja ya.

 

Setelah itu, tunggu hingga 2 sampai 3 menit sampai make up waterproof kamu sudah meleleh.

 

- Bilas Menggunakan Air

 

Setelah make up meleleh, langkah selanjutnya adalah membasuhnya dengan menggunakan air. Kamu bisa menggunakan air hangat agar minyak terangkat dengan sempurna. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan langkah double cleansing selanjutnya yaitu membersihkan wajah dengan menggunakan sabun.

 

Itulah dia berbagai penjabaran lengkap soal fungsi dan keunggulan dari cleansing oil. Selain mudah, cleansing oil juga lebih hemat dan praktis untuk digunakan. Sebab kamu tak perlu menyisihkan biaya lagi untuk membeli kapas wajah per minggunya. Semoga artikel di atas membantu!