Cara Membuat Liptint Sendiri Di Rumah Dengan Bahan Aman

13 Oktober 2022 - Bella
Share

Trend Hallyu asal Korea Selatan tak hanya membuat orang-orang menyukai budayanya saja. Melainkan juga menyukai aneka produk kosmetik yang khas dengan mereka. Seperti salah satunya produk pewarna bibir bernama liptint yang kini makin populer. Kelebihan liptint sendiri jika dibanding dengan produk  riasan bibir lainnya adalah mampu membuat bibir lebih natural, segar, dan sehat karena formulanya cenderung glossy. Nah, selain kamu dapat membelinya sendiri. Sebenarnya kamu bisa loh membuat liptint di rumah dengan mudah dan terbuat dari bahan-bahan aman. Berikut ini adalah cara membuat liptint yang bisa kamu coba!
 

Liptint dari Buah Strawberry Segar

 

Warna merah alami dari buah stroberi bisa kamu manfaatkan sebagai perona bibir loh. Selain warnanya akan terlihat lebih natural. Buah strawberry juga mengandung senyawa anthocyanin, yang mampu membantu tampilan bibir terlihat lebih cerah secara alami dan terbebas dari garis hitam. 

 

Untuk membuat liptint dari buah strawberry, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan seperti Mangkuk, buah strawberry, minyak zaitun atau Minyak kelapa dan terakhir Beeswax.

 

Cara membuat Lip Tint Kental dari Buah Strawberry

 

1. Siapkan 2-3 butir buah strawberry 

2. Haluskan dan peras ekstrak buah strawberry

3. Saring hingga tersisa sari airnya saja

4. Campurkan dengan beeswax

5. Tambahkan 2-3 sdm minyak kelapa

6. Aduk semua bahan

7. Liptint siap digunakan

 

Lip Tint dari Buah Bit

 

Tak kalah cantik, buah bit bisa memberikan pigmen warna merah maroon yang terlihat sangat pas untuk dijadikan ombre. Buah bit mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi yang bagus untuk menutrisi bibir. Selain itu, buah berwarna merah gelap satu ini juga dapat mengobati hiperpigmentasi dan mengurangi pembentukan melanin lho.

 

Cara membuatnya pun cukup sederhana, kamu bisa menyiapkan setengah buah bit, minyak kelapa dan juga beeswax.

 

Cara membuat Lip Tint Kental dari Buah Bit
 

1. Siapkan setengah buah bit kemudian haluskan 

2. Peras tumbukan buah bit hingga yang tersisa hanya sarinya

3. Campurkan dengan beeswax dan minyak kelapa

4. Aduk hingga semua bahan tercampur

5. Bila cairan belum terlihat kental, kamu bisa menambahkan beeswax tambahan

 

Lip Tint dari Mica Powder

 

Meskipun sedikit asing di telinga kamu, sebenarnya mica powder merupakan bahan dasar make up yang sering kita temui. Mica adalah sebuah mineral yang digunakan pada make up dan skincare. Bila mica powder dihancurkan ini akan memberikan efek shimmering . Mica juga merupakan pewarna natural bagi kosmetik dan bahan pengental alami. 


Cara membuat Lip Tint Kental dari Mica Powder:

 

1. Ambil 1 sendok teh mica powder, kaolin clay dan shea butter

2. Campur semua bahan tersebut ke dalam mangkok

3. Liptint siap digunakan
 

Liptint dari Pewarna Makanan


Bila di dapur kamu terdapat pewarna makanan yang biasa digunakan untuk pembuatan kue. Nah, bahan ini bisa kamu jadikan juga sebagai liptint lho. Sebab pewarna makanan jauh lebih praktis dan tentunya sudah aman untuk dikonsumsi. Kamu pun bisa mengkombinasikan aneka warna dari pewarna makanan ini. Mulai dari warna orange, pink muda, merah cerah hingga merah maroon. Atur dan kreasikan warna liptint yang kamu inginkan sesuka hati. Untuk hasil yang lebih natural dan tidak terlalu pekat. Kamu bisa mengoleskan cairan liptint buatanmu dengan cotton bud atau kamu juga bisa menambahkan sedikit air putih dan air biasa di dalamnya. Cukup mudah bukan?

 

Nah, itulah dia cara membuat lip tint sendiri di rumah dengan berbagai bahan alami. Untuk membuat lip tint DIY ini lebih awet. Simpanlah liptint ke dalam lemari dingin agar tahan lama ya. Semoga artikel di atas membantu!