Cara Buat Scrub Badan Alami Untuk Cerahkan Kulit

30 September 2022 - Bella
Share

Eksfoliasi dengan menggunakan scrub badan adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap terlihat cerah dan sehat. Mengingat fungsi dari scrub badan ini sendiri yang mampu merontokkan daki serta sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan warna kulit menjadi kusam. Sebenarnya ada berbagai macam body scrub yang sudah terjual di minimarket atau toko terdekat. Namun, body scrub dengan bahan alami dipercaya lebih baik dan lebih lembut untuk kulit berkat tak ada tambahan bahan kimia seperti pengawet, parfum maupun alkohol. Nah jika kamu tertarik untuk membuat scrub badan alami, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah lho. Tentunya lebih hemat di kantong dan mudah untuk dibuat!

 

Kopi

 

Kalau kamu perhatikan, kopi selalu menjadi bahan utama dalam berbagai body scrub terkenal. Hal ini karena kopi dapat mencerahkan kulit dan mampu meminimalisir tampilan selulit di tubuh. Cara memakai kopi menjadi scrub badan alami pun cukup mudah. Kamu bisa menyiapkan 1/2 cangkir bubuk kopi halus, 1 sendok makan olive oil, 2 sendok makan air. Campurkan ketiga bahan tersebut kemudian balurkan ke seluruh kulit badan. Diamkan selama 25 menit, gosok perlahan hingga scrub butirannya rontok. Kemudian bilas badan dengan air mengalir. 

 

Madu dan Gula

 

Kombinasi madu dan gula dapat menjadi eksfoliator alami yang juga memberikan perlindungan. Kandungan antioksidan dari madu serta nutrisinya dapat melembabkan kulit sekaligus melindunginya dari efek negatif matahari. Cara membuat scrub badan ini cukup mudah, kamu hanya memerlukan dua sendok madu dan ½ sendok makan gula pasir atau brown sugar. Kemudian balurkan ke area kulit dan gosokkan dengan lembut. Perlu kamu ingat ya, untuk scrub badan kombinasi ini tidak perlu didiamkan terlalu lama agar menghindari rasa gatal di kulit. Kamu bisa mengoleskannya kemudian langsung melakukan gerakan scrub. Jangan lupa untuk membilas badan dengan bersih agar tak ada sisa-sisa madu dan gula yang lengket.

 

Oatmeal

 

Kalau kamu memiliki kulit kering dan butuh kelembaban ekstra. Kamu bisa mencoba untuk membuat scrub badan dari oatmeal. Vitamin E yang melimpah ruah serta protein di dalamnya bisa membantu memberikan hidrasi dalam kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, scrub oatmeal juga dapat mengurangi kemerahan dan iritasi kulit akibat panas sinar matahari.

 

Siapkan 3 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan air panas, ½ sendok makan zaitun dan 1 sendok teh madu. Aduk hingga kekentalannya seperti bubur bayi. Kemudian oleskan ke area kulit badan dan diamkan selama 15 menit dan scrub dengan gerakan memutar. 

 

Pisang

 

Kandungan Vitamin B, E dan C dalam pisang mampu membuat kulit lebih kencang dan halus. Pisang memang dikenal kaya akan nutrisi yang bagus untuk kulit. Selain itu,  kandungan potasium pada pisang juga mampu mencerahkan kulit lho. Ada pula kandungan vitamin C pada pisang berperan penting untuk meningkatkan kolagen. Sehingga, kulit lebih kenyal dan tampak jauh lebih muda. 



Untuk membuat scrub alami ini, kamu bisa mencobanya dengan menghaluskan satu buah pisang kemudian mencampurkannya dengan dua sendok makan gula pasir. Namun, kamu juga bisa mengkombinasikan pisang sebagai scrub dengan bahan lainnya. Seperti oatmeal hingga kopi ya. 

 

Itulah dia berbagai cara untuk membuat scrub badan alami. Segudang manfaat dari bahan-bahan di sekitarmu bisa kamu dapatkan untuk menjaga kesehatan kulit badan. Pastinya kulit akan lebih cerah dengan 4 kandungan bahan di atas. Semoga artikel ini membantu kamu ya!